get app
inews
Aa Read Next : Jajal Lapangan Black Rocks Belitung, Sandiaga Uno: Sensasinya Luar Biasa

Batu Begalang, Calon Geosite Baru Geopark Belitong

Rabu, 23 Februari 2022 | 20:38 WIB
header img
Batu Begalang yang ada di Pulau Belitong, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Foto: lintasbabel.id/ Suharli)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id - Pulau Belitong Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masih menyimpan banyak destinasi wisata tersembunyi. Baru-baru ini, satu diantaranya yang juga bakal menjadi geosite baru, melengkapi geosite Unesco Global Geopark Belitong, mencuat ke publik. Namanya Batu Begalang.  

Calon Geosite ini tidak hanya menyajikan pemandangan yang menawan, namun banyak kisah sejarah dan cerita misteri yang akan diceritakan oleh pemandu wisata Batu Begalang kepada siapapun pengunjung disini.  

Bukit Memantauan misalnya, yang juga bagian Geosite Batu Begalang, terdapat batu granit yang tersusun rapi menyerupai kursi disini. Kemudian di depan bebatuan itu tampak pemadangan beberapa kecamatan di wilayah Belitung Timur.  

Warga lokal sendiri tidak ada yang mengetahui asal-usul, siapa yang menyusun batu granit itu, hingga menyerupai bentuk kursi.  

Warga sekitar mempercayai bila susunan batu berbentuk kursi tersebut, jika sengaja dibongkar dan kemudian ditinggalkan beberapa saat, susunan batu yang dibongkar tersebut akan kembali ke posisi semula.  

Lokasi wisata ini masuk wilayah Desa Kelubi, Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur. Masuk dalam kawasan Hutan Bolongan, dimana luasan tempat wisatanya sekitar 800 hektare. 

Pemandu wisata Batu Begalang, Ridin (60) menceritakan, pada tahun 80-an lalu, dirinya bersama rekannya pernah naik ke Bukit Pemantauan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut