get app
inews
Aa Read Next : Fasilitasi Mahasiswa, Herman Suhadi Kirim Surat Resmi ke Anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Babel

Tim Pansus DPRD Babel Berkunjung ke Rumah Tua Simpang Katis

Sabtu, 31 Juli 2021 | 22:02 WIB
header img
Tim Pansus Rancangan Peraturan Daerah Arsitektur Bangunan Berciri Khas Serumpun Sebalai, melakukan peninjauan lapangan ke sejumlah tempat di Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (31/7/21). Foto: DPRD Babel.

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Guna mendapatkan informasi dan gambaran yang utuh, akan bentuk seni arsitektur berciri khas Negeri Serumpun Sebalai, Tim Pansus (Panitia Khusus) Rancangan Peraturan Daerah Arsitektur Bangunan Berciri Khas Serumpun Sebalai, melakukan peninjauan lapangan ke sejumlah tempat di Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (31/7/21).

"Kami ingin melihat dan meminta masukan langsung dari masyarakat, ciri khas bangunan disini dulu seperti apa," Ujar Ketua Pansus Ranperda Arsitektur Bangunan Berciri Khas Serumpun Sebalai, Mansah, S.Th.I, ketika membuka dialog dengan dengan tokoh masyarakat dari Desa Puput dan Desa Katis.

Lebih lanjut, politisi asal Partai Nasdem ini menegaskan, bahwa dari amatan langsung dan masukan-masukan yang diperoleh tim pansus, nantinya akan diakomodir ke dalam Ranperda, serta dijadikan ikon dan bangunan khas daerah Bangka Belitung.

"Sebelum bangunan-bangunan tua di sini di rehab, bentuknya seperti apa?, ada ciri khasnya nggak?, nanti akan diakomodir ke dalam ranperda, dijadikan bangunan yang bersifat ikonik lah," ujar Mansah.

Selain berdialog dengan tokoh masyarakat yang berasal dari Desa Puput dan Katis, tim pansus juga melihat langsung sejumlah rumah warga yang sudah berusia tua, namun masih menyisakan beberapa corak ukiran lama yang khas untuk dimasukkan catatan khusus.

Turut hadir dalam peninjauan lapangan tersebut, Mansah, S.Th.I, Drs. H. Eryawandi, A. Rani, Ferdiyansyah A.Md, Aksan Visyawan ST MH, Ir. Azwari Helmi dan Nico Plamonia Utama ST MM. Kepala Desa Katis, Sunarman, Kepala Desa Puput dan Haji Ujang (Tokoh Masyarakat Setempat).
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut