get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Inovatif, 2 Siswa SMK di Bangka Barat Ciptakan Adek V2 Alat Pendeteksi Alkohol

Senin, 21 Februari 2022 | 16:00 WIB
header img
Mardinata Indra, nampak sedang melakukan perawatan rutin Adek V2. (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Dua orang siswa jurusan teknik elektronika di SMKN 1 Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yakni Bayu Reza Saputra (19) dan Mardinata Indra (17), berhasil menciptakan sebuah alat pendeteksi alkohol

Alat yang diberi nama Adek V2 (Alkohol Detektor) ini, mampu mendeteksi kadar alkohol yang berada di udara, di lingkungan sekitar termasuk di makanan dan minuman, hingga bisa mengetahui jika seseorang dalam keadaan terpengaruh minuman beralkohol. 

Karya Bayu Reza dan Mardinata Indra, sudah mendapatkan apresiasi dari Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Yan Sultra. Bahkan, jenderal bintang dua tersebut langsung memesan sebanyak 10 unit sebagai alat untuk membantu pengembangan kasus di Polda Babel.

"Alat ini namanya Adek V2, fungsinya adalah mendeteksi kandungan alkohol di suatu makanan, minuman, atau di lingkungan sekitar. Pendeteksiannya dihasilkan dari aroma yang dihasilkan uap dari alkohol itu. Muncul ide ini berawal dari hendak mengikuti pameran even Babel Edufair 2021," kata Mardinata Indra, Senin (21/2/2022). 

Mardinata mengungkapkan, komponen yang digunakan pada Adek V2 masih sederhana, terdiri dari sensor MQ3, Wimos D1 Mini sebagai IC atau otak program, batre 5 volt dan sebuah aplikasi di android. 

"Jadi sensor ini menangkap uap atau aroma yang dihasilkan dari alkohol itu, kemudian wimos langsung memproses dan mengelola data, nanti outputnya antar mukanya di handphone. Jadi keluar nanti parameter angka kadar alkohol yang dihasilkan," tuturnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut