get app
inews
Aa Read Next : BPS: Tanjungpandan Menjadi Kota Inflasi Tahunan Tertinggi se-Sumatera Sebesar 3,99 Persen

Angka Kemiskinan di Bangka Tengah Turun 1,32 Ribu Jiwa

Selasa, 15 Februari 2022 | 13:19 WIB
header img
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman. (Foto: lintasbabel.id/ Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, angka kemiskinan di Kabupaten Bangka Tengah pada tahun 2020 mengalami penurunan. Dari tahun 2019, angka kemiskinan berada di angka 5,02 persen, pada tahun 2020 turun menjadi 4,85 persen.

Diketahui bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi angka kemiskinan ini adalah tingkat pengangguran, yang mana data angka pengangguran di Bangka Tengah pada tahun 2020 adalah 5,59 persen.

"Untuk angka kemiskinan berdasarkan data real secara statistik menunjukkan bahwa pengangguran di Kabupaten Bangka Tengah ini kurang lebih hanya 5 persen," ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman pada Selasa (15/2/2022).

Menurut Algafry, meski masyarakat di wilayah ini ada yang tercatat tidak bekerja, tapi untuk penghasilan mereka ini masih ada.

"Tetapi sesungguhnya untuk tingkat penghasilan tidak sampai mereka menganggur, karena saya lihat di Bangka Tengah ini rata-rata menghasilkan uang, baik pekerjaan formal maupun non formal," tuturnya.

Dikatakan Algafry di masa pandemi Covid-19 ini masyarakat Bangka Tengah kebanyakan beralih profesi menjadi penambang.

"Masyarakat ini tetap ada kegiatannya, namun mungkin tidak terdata, apalagi di masa pandemi Covid-19 kebanyakan masyarakat beralih ke sektor tambang dan ini mereka manfaatkan," tuturnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut