get app
inews
Aa Read Next : Posisi Strategis Pemuda dalam Pesta Demokrasi 2024 Sebagai Emansipasi Menghadapi Bonus Demografi

Bawaslu Bangka Barat Ingatkan PPK Wajib Umumkan Hasil Rekapitulasi Pemilu 2024

Selasa, 20 Februari 2024 | 19:11 WIB
header img
Jajaran Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, saat melakukan monitoring di gudang logistik PPK Mentok, Selasa (20/2/2024). Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Oma Kisma.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Pemilu 2024 sudah memasuki tahapan pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara, yang dilakukan masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan di Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sendiri sudah terdapat beberapa PPK yang rampung melakukan rekapitulasi. 

Dari hal tersebut, Koordinator Divisi (Kordiv) Penangan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Bawaslu Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi mengingatkan KPU untuk segera menyampaikan hasil rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan oleh PPK.


Jajaran Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, saat melakukan monitoring di gudang logistik PPK Mentok, Selasa (20/2/2024). Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Oma Kisma.
 

"Kalau kita mengaju ke UU 7 tahun 2023, dalam Pasal 393 ayat 5 menyatakan, PPK wajib mengumumkan hasil rekapitulasi kepada umum, di ayat 6 PPK wajib membagikan sertifikat hasil rekapitulasi kepada pengawas pemilu dan saksi Parpol (Partai Politik) yang hadir," katanya, Selasa (20/2/2024). 

Meskipun demikian, Rio mengatakan bukan berarti harus segera mungkin untuk menyelesaikan tahapan rekapitulasi, namun diusahakan secepatnya untuk menyampaikan ke publik apabila sudah selesai.

"Dalam melakukan pengawasan, setiap proses yang dilakukan jajaran KPU, baik dari tingkat KPPS sampai PPK itu kita pastikan jajaran pengawas pemilu, tidak pernah meninggalkan proses. Jadi kalau bicara fisik semua capek," ucapnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut