get app
inews
Aa Read Next : Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru Tanpa Verifikasi

Mengenal Enkripsi End-to-End di WhatsApp, Agar Data Kamu Tidak Bocor

Jum'at, 26 Januari 2024 | 17:00 WIB
header img
Mengenal Enkripsi End-to-Endi di WhatsApp, baca ulasannya sampai selesai agar data dan pesan kamu tidak bocor. Foto: Ilustrasi/ Net.

Proses ini yang kira-kira terjadi pada aplikasi WhatsApp. Melalui laman resminya, WhatsApp menjelaskan kalau pesan yang dikirim antar pengguna terenkripsi dengan baik.

WhatsApp memastikan hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda yang dapat membaca apa yang dikirim, dan tidak ada orang di antaranya, bahkan WhatsApp sekalipun.

Jadi, pesan diamankan dan hanya penerima dan Anda yang memiliki kunci khusus yang diperlukan untuk membuka dan membacanya.

 

Keunggulan dan kekurangan enkripsi end-to-end?

Enkripsi end-to-end memiliki keunggulan dan kekurangan. Menurut Karpersky terdapat beberapa keunggulan dan kekurangan dari teknologi enkripsi end-to-end.

Keunggulan pertama adalah privasi lebih terjaga karena tidak ada yang bisa membaca pesan Anda kecuali akun yang menerima. Anda seperti mengirim surat dan memasukkannya ke dalam kotak yang sulit dibuka dan kebal terhadap berbagai gangguan.

Keuntungan kedua adalah tidak ada yang bisa mengubah pesan. Pesan yang dikirim yang sudah terenkripsi tidak bisa diubah oleh siapapun. Jika seandainya diubah, maka pesan yang dikirim akan jadi kacau dan akan langsung terdeteksi kalau pesan yang dikirim telah diubah.

Tetapi teknologi ini juga memiliki kekurangan. Pertama, meskipun penggunaan teknologi enkripsi ujung ke ujung memungkinkan Anda menyembunyikan konten pesan, namun server tetap mengetahui kapan pesan dikirim. Server tidak dapat membaca pesan, tetapi menyadari bahwa Anda bertukar pesan pada hari dan waktu tertentu.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut