get app
inews
Aa Read Next : Posisi Strategis Pemuda dalam Pesta Demokrasi 2024 Sebagai Emansipasi Menghadapi Bonus Demografi

Bawaslu Pangkalpinang Ingatkan KPU, Imam Ghozali: 80 Persen TPS di Taman Sari Rawan Banjir

Sabtu, 20 Januari 2024 | 21:59 WIB
header img
Rapat Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan Bawaslu Kota Pangkalpinnag pada Pemilu Serentak tahun 2024, di Grand Safran Hotel Kota Pangkalpinang, Sabtu (20/1/2024). Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Muri Setiawan.

Kata dia, di beberapa wilayah di Kota Pangkalpinang terdapat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berpotensi tergenang banjir.

"Seperti di Taman Sari, ada 80 persen TPS di sana berpotensi banjir saat hujan. Kita akan ke lapangan lihat TPS-nya, cari solusinya. Titik TPS yang direkomendasikan BPBD berpotensi dan rawan bajir tolong dicek," ujarnya.

Akademisi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Babel, Dr.H.Iskandar, M.Hum ikut menyoroti persoalan iklim yang terjadi belakangan ini. Dia meminta pihak penyelenggara termasuk Bawaslu untuk bisa mengantisipasi titik-titik TPS yang berpotensi banjir.

"Saya hari Senin kemarin, sempat lewat di daerah Gedung Nasional (Genas), rasanya hujan baru satu jam, air sudah setengah ban mobil. Bayangkan jika hujan dua jam, ditambah pasang laut, bisa berenang kita di situ," kata Iskandar.

Banjir, kata Iskandar tentu akan menjadi masalah jika tidak segera diselesaikan. Karena akan mempengaruhi angka partisipasi pemilih.

"Selain mengganggu secara teknis pelaksanaan saat pencoblosan nanti, ini akan mempengaruhi partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS. Ini tantangan tersendiri bagi kawan-kawan KPU Kota Pangkalpinang, untuk bisa menjamin bahwa lokasi TPS itu tidak tergenang banjir. Dan kawan-kawan Bawaslu dan jajaran, juga ada andil untuk itu, salah satunya melakukan koordinasi bersama penyelenggara bagaimana jika terjadi banjir, masyarakat tetap bisa datang ke TPS, itu penting," ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut