get app
inews
Aa Read Next : Polda Babel Tanam 1.870 Kayu Putih di lahan Eks Tambang Area Bandara

Penambang Timah Ilegal di Kolong PDAM Kembali Beraktivitas, Katanya ada Setoran ke Oknum Aparat

Kamis, 09 November 2023 | 16:33 WIB
header img
Aktivitas TI sebu kembali marak di Kolong Air Baku Dam 1 Pemali, Kabupaten Bangka. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Muhamad Maulana.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Aktivitas penambangan timah ilegal jenis sebu-sebu di kolong sumber air baku Dam 1 Pemali kembali marak. Padahal, pekan lalu kawasan ini sempat ditertibkan oleh Polres Bangka. Kegiatan penambangan timah ini, disebut-sebut telah dibekingi oknum aparat.


Aktivitas TI sebu kembali marak di Kolong Air Baku Dam 1 Pemali, Kabupaten Bangka. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Muhamad Maulana.
 

Pada Rabu (8/11/2023) malam, para penambang timah inkonvensional (TI) sebu-sebu kembali membawa peralatan tambang mereka ke Kolong Air Baku PDAM Tirta Bangka. Para penambang kembali berani melakukan aktivitas lantaran merasa sudah menyetor uang koordinasi kepada seorang koordinator berinisial NS, warga Desa Penyamun dan oknum aparat penegak hukum berinisial R alias N sebesar Rp200 ribu per minggu per penambang. 

"Sudah setor ke NS Rp200 ribu, uang itu diserahkan ke anggota biar bisa kerja di sini, NS yang koordinir, timahnya disetor ke Y," aku penambang yang tak ingin disebut namanya.

Terpantau, sejak Rabu sore sejumlah panambang timah jenis sebu-sebu ini tampak kembali melakukan aktifitas penambangan ilegal di kolong sumber air baku Dam 1 Pemali.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut