get app
inews
Aa Read Next : Debit Air Berkurang, Perumdam Babar Bakal Tambah Sumber Air Baku

Beroperasi Malam Hari, Penambang Timah di Kolong Air Baku PDAM Pemali Kocar Kacir Didatangi Polisi

Rabu, 01 November 2023 | 20:07 WIB
header img
Para penambang timah lari meninggalkan peralatan tambang mereka, saat personel dari Satreskrim Polres Bangka mendatangi Kolong Dam 1 Pemali, Selasa (31/11/2023) malam. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Muhamad Maulana.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Polisi mengamankan peralatan tambang timah ilegal yang beroperasi malam hari di Kolong Dam 1 Pemali yang menjadi sumber air baku PDAM Tirta Bangka. Penambang yang beroperasi secara diam-diam ini, lari kocar kacir ketika didatangi petugas dari Satreskrim Polres Bangka, Selasa (31/11/2023) malam. 

Sebelumnya, tambang timah ilegal jenis sebu-sebu ini telah berulang kali beroperasi di salah satu sumber air baku PDAM Tirta Bangka ini. Sempat ditertibkan Polsek Pemali beberapa waktu lalu saat beroperasi siang hari, penambang tampaknya tak kapok dan memilih kembali beraktivitas secara diam-diam di malam hari. 

Penertiban kemudian dilakukan kembali oleh Polres Bangka untuk yang kedua kalinya, yang dipimpin langsung Kanit Tipidter Satrrskrim Polrss Bangka Ipda. Awal Sumaryanto.

Saat tiba di lokasi, dari kejauhan pada malam itu sudah terdengar gemuruh mesin jenis robin milik para penambang yang tengah beraktivitas mengeruk pasir timah. 

Mengetahui petugas tiba di lokasi, sejumlah penambang yang sedang beraktivitas ini pun langsung berlarian kocar kacir ke hutan, bahkan sebagain penambang lainnya nekat menceburkan diri ke tengah kolong dan berenang untuk menghindari petugas.

"Kita sudah dua kali mendatangi aktivitas tambang di sini. Malam ini karena masih beraktivitas, kita amankan beberapa peralatan tambang," kata Ipda Awal Sumaryanto. 

Petugas kemudian membongkar paksa peralatan tambang yang berada di lokasi, dan dibawa ke Mapolres Bangka untuk dijadikan barang bukti.

Aktivitas tambang timah ini, selain beroperasi secara ilegal juga mengancam sumber air baku milik PDAM Tirta Bangka. Apalagi saat ini sedang musim kemarau yang membuat banyak warga tergantung akan pasokan air bersih dari PDAM yang bersumber di DAM 1 Pemali. 

Terpantau, pada Rabu (1/11/2023) kondisi air di DAM 1 Pemali tampak keruh, terutama di area yang dekat dengan aktivitas tambang. Debit air DAM 1 pun terlihat mulai mengalami pendangkalan yang signifikan akibat kemarau berkepanjangan belakangan ini.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut