get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Nelayan Sungailiat Berhasil Dievakuasi Tim SAR Gabungan

Senin, 09 Oktober 2023 | 12:11 WIB
header img
Seorang nelayan Sungailiat berhasil dievakuasi Tim SAR Gabungan. Foto: Istimewa.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menerima informasi pada Minggu (8/10/2023) pukul 10.24 WIB terhadap kapal nelayan yang mengalami mati mesin dan membutuhkan evakuasi di Perairan Tuing Kabupaten Bangka.

Kapal KM Mawar II yang dinahkodai oleh La Ode Sahrin Sani (57) mengalam kondisi rusak mesin sejak Sabtu, 7 Oktober 2023 di Perairan Tuing.

Korban sebelumnya berangkat bersama rombongan rekan kapal lain berangkat dari pelabuhan nelayan Sungailiat sejak tanggal 30 September 2023 dan akan kembali 7 hari. Kemudian tepatnya pada 7 Oktober 2023, rekan korban sudah kembali namun korban bersama kapalnya belum juga kembali.

Mendapatkan informasi tersebut Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang membuka Operasi SAR Gabungan dan memberangkatkan 1 Tim Rescue menuju lokasi KM Mawar II pada koordinat 1°36'69.89"S 106°07'996"T yang peroleh dari keluarga korban pada pukul 11.00 WIB, 08 Oktober 2023 sedang lego jangkar di Perairan Tuing untuk memperbaiki mesin serta membutuhkan bantuan evakuasi dikarenakan korban sudah lemas.

Upaya evakuasi kali ini didukung oleh beberapa stackholder terkait yakni POLAIR Sungailiat, BPBD Kabupaten Bangka dan Nelayan.

Proses evakuasi menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) Basarnas Pangkalpinang. Setibanya di Lokasi KM Mawar II pada pukul 14.25 WIB, Tim SAR Gabungan segera memindahkan korban ke RIB Basarnas, Kapal milik korban dibawa oleh keluarga korban yang pada saat itu berbarengan dengan Tim SAR Gabungan bertemu didekat Perahu Korban. Kondisi ombak yang besar cukup menghambat proses evakuasi terhadap Korban.

Korban berhasil dipindahkan ke RIB Basarnas dan segera dievakuasi menuju pelabuhan nelayan 1 untuk diantarkan ke rumah korban.

Dengan berhasilnya evakuasi terhadap korban, maka operasi gabungan resmi ditutup.

"Keberhasilan operasi SAR Gabungan ini merupakan kerjasama yang baik antar stackholder yang ada di Bangka Belitung, sehingga setiap operasi SAR yang ada di Bangka Belitung dapat berjalan dengan baik, saya mewakili seluruh jajaran Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan mengucapkan terimakasih atas bantuan saudara-saudara dan rekan-rekan yang terlibat secara langsung dan tidak langsung dalam operasi SAR yang berada di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang," ucap Kepala Kantor SAR Pangkalpinang, I Made Oka Astawa. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut