get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Kepiting Asap, Kuliner Unik Penggugah Selera di Pangkalpinang

Senin, 24 Januari 2022 | 10:43 WIB
header img
Kepiting asap, kuliner unik khas Bangka Belitung. (Foto : lintasbabel.id/ Haryanto)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Sebagai daerah kepulauan, Provinsi Bangka Belitung tentunya tak asing lagi dengan olahan masakan laut atau seafood. Salah satu yang cukup terkenal yakni kepiting asap.

Nah bagi traveler, tak lengkap rasanya tidak merasakan wisata kulinernya bila sedang berada di Bangka Belitung. Sebab di sana, ragam olahan makanan bisa dijumpai. 

Olahan masakan kepiting asap, bisa menjadi rekomendasi, karena sejak beberapa tahun belakangan kepiting asap menjadi salah satu kuliner andalan di Bangka Belitung.

Soal rasa, kepiting asap tak usah diragukan lagi. Diolah dengan cara tak biasa hingga menghasilkan cita rasa khas, dengan rempah-rempah yang begitu terasa.

"Rasanya guri dan enak, rempah-rempahnya begitu terasa, sangat berbeda dari olahan kepiting lain pada umumnya. Karena ini kan diolah dengan diasapi dan dibungkus daun pisang, jadi rasa khas banget," kata salah satu penikmat kepiting asap, Adha Agus, Senin (24/1/2022).

Nah, bagi yang penasaran ingin mencicipi kuliner satu ini, Anda harus bersabar, sebab proses penyajian sedikit lama.

Pertama-tama, penikmat kuliner harus memilih sendiri kepiting yang ingin dimasak untuk ditimbang guna mengetahui bobotnya. Kemudian kepiting dibersihkan dan dipotong menjadi beberapa bagian. Selanjutnya, kepiting distim dengan dimasukan ke dalam sebuah dandang untuk menantang isinya.

Proses pembuatan kepiting asap. (foto : lintasbabel.id/ Haryanto)

Setelahnya, kepiting dimasak dengan bumbu yang sudah diracik, kemudian kepiting dikemas menggunakan daun pisang. Kepiting yang terbungkus daun lalu diasap diatas sebuah tungku dengan bara api yang dibiarkan menyala. Dan kepiting asap pun siap disajikan.

"Di Bangka ini kan terkenal dengan seafood. Apalagi kepiting bakau ini kan masih hidup, karena kita daerah kepulauan jadi banyak bakau cukup mudah menemukan kepitingnya dan memang kepiting itu enak dinikmati ketika kita masaknya masih fresh dan segar," kata pengelola kepiting asap Rumah Makan Aju, Sienny Japari.

Menurutnya, kepiting asap sudah diolah sejak 8 tahun lalu dan hingga kini masih menjadi menu andalan Rumah Makan Aju.

"Kalau bumbu asapnya sendiri memang berasal dari daerah Medan sana, karena di sini saya lihat ada peluang menambah citarasa terinspirasi mengolah menu kepiting asap ini. Hingga kini masih menjadi menu andalan kami. Peminatnya cukup bagus, baik masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang dari luar daerah," ujarnya.

Nah, bagi Anda yang penasaran ingin mencicipi kuliner kepiting asap dapat menjangkaunya dengan sangat mudah, karena terletak di tengah Kota Pangkalpinang, tepatnya di Rumah Makan Aju, di Jalan Depati Hamzah, Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan, Kita Pangkalpinang.

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni hanya Rp 30.000 saja peronsnya. Di sana juga, terdapat beberapa menu seafood pavorit lainnya yang juga tak kalah nikmatnya.

Pengunjung menikmati kepiting asap di Rumah Makan Aju Pangkalpinang. (Foto : lintasbabel.id/ Haryanto)

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut