get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Batal Tuan Rumah Pildun U-20, Ridwan Kamil Sindir Ganjar dan Wayan Koster

Disebut Bakal Jadi Kepala Ibu Kota Negara Nusantara, Ridwan Kamil: Saya Tidak Mau Ge Er, Takut Salah

Jum'at, 21 Januari 2022 | 15:09 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Kang Emil. (Foto/dok.SINDOnews)

Disinggung mengenai kesiapannya jika benar Jokowi menunjuk dirinya sebagai kepala IKN, Kang Emil menegaskan bahwa saat ini dirinya hanya fokus menuntaskan janji politik sebagai Gubernur Jabar. 

"Saya belum bisa menjawab, saya masih Gubernur Jawa Barat. Saya belum bisa menjawab hal yang belum pasti. Saya tidak mau berandai-andai," ujarnya.

Sebelum menjadi Wali Kota Bandung hingga Gubernur Jabar, Kang Emil memang dikenal sebagai arsitek dan dosen di Institut Teknologi Bandung (ITB). Karya arsitekturnya tidak hanya berada di Indonesia, namun tersebar hingga benua Asia, bahkan benua Eropa. 

Tak hanya merancang bangunan, pihaknya juga terlibat dalam perancangan kota mandiri, di antaranya Museum Tsunami Aceh yang dibangun sebagai sebuah monumen untuk memperingati peristiwa tsunami Aceh paling tragis pada 2004 lalu.

Lalu, Marina Bay Waterfront di Singapura Hingga Kemudian, Ningbo Newtown, Tiongkok, sebuah rancangan kota baru dan dianggap sebagai salah satu kota masa depan. Bahkan, dalam proses perancangan IKN, Ridwan Kamil juga terlibat dalam penjurian lomba desain IKN.

Diketahui, Presiden Jokowi menyebut kriteria kepala otorita IKN bernama Nusantara itu adalah kepala daerah dan berlatar belakang arsitek. Otorita IKN Nusantara merupakan lembaga setingkat kementerian yang beroperasi paling lambat akhir tahun 2022.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut