get app
inews
Aa Read Next : Senyawa dengan Ikatan Kovalen Tunggal

Banzena: Pengertian, Penggunaan, dan Turunannya

Selasa, 22 Agustus 2023 | 18:10 WIB
header img
Paracetamol, merupakan produk turunan dari Senyawa Banzena. Foto: Shutterstock.

Asam Salisilat

Turunan senyawa benzena ini sering ditambahkan dalam bedak dan salep, fungsinya sebagai zat anti fungi atau jamur. Dipakai sebagai obat berbagai penyakit kulit, termasuk panu dan kutu air dan kerap kali ditambahkan dalam shampo. Karena mampu mengikis lapisan ketombe dan secara aktif menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang ada di kepala.

Asetosal (Asam Asetilsalisilat)

Senyawa turunan benzena ini dikenal juga dengan nama aspirin, yang fungsinya dipakai sebagai zat analgesik. Atau juga penghilang rasa sakit dan zat antipiretik atau penurun panas, aspirin kerap digunakan sebagai obat sakit kepala, sakit gigi dan demam. Penggunaan asetosal dalam jangka waktu lama menyebabkan lapisan mukosa lambung iritasi penyebab maag.

Parasetamol

Termasuk golongan senyawa benzena adalah Parasetamol dikenal dengan asetaminofen, berupa obat yang fungsinya sama seperti aspirin tetapi jika dikonsumsi lebih aman di lambung. Parasetamol yang digunakan secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan pada ginjal dan hati. Sehingga sangat disarankan untuk berhati-hati dalam penggunaan bahan ini.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut