get app
inews
Aa Read Next : Senyawa dengan Ikatan Kovalen Tunggal

Banzena: Pengertian, Penggunaan, dan Turunannya

Selasa, 22 Agustus 2023 | 18:10 WIB
header img
Paracetamol, merupakan produk turunan dari Senyawa Banzena. Foto: Shutterstock.

Banzena: Pengertian, Penggunaan, dan Turunannya

Pengertian Benzena

Apa itu benzena? Benzena adalah salah satu bahan atau komponen dari minyak bumi dan pertama kali ditemukan oleh ilmuwan bernama Michael Faraday di tahun 1825. Penemuan benzena ini awalnya diambil dari residu minyak mentah, banyak ditemukan dan digunakan oleh orang-orang di perkotaan ketimbang di desa karena banyaknya elemen industrial.

Seperti banyaknya saluran dan tempat pembuangan limbah, kilang pabrik hingga pompa bensin yang membuat benzena lebih mudah ditemukan. Benzena juga dikenal sebagai salah satu rumus kimia, senyawa organik dengan bentuk sebuah cairan tak memiliki warna dan mudah terbakar. Jika dicium, benzena mengeluarkan aroma yang manis.

Setidaknya enam atom karbon yang membentuk sebuah cincin yang dimiliki rumus kimia benzena, dengan satu atom hidrogen yang berfungsi untuk mengikat setiap satu atom karbon. 

Menurut laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pengertian benzena adalah sebagai salah satu komponen yang terdapat dalam minyak bumi.

Benzena terbilang mempunyai bilangan oktan yang cukup tinggi, hal itulah yang membuat benzena menjadi salah satu komponen penting dari campuran pada bensin. Benzena juga merupakan dasar bahan dari pembuatan senyawa turunan benzena. Beberapa di antaranya bisa seperti bahan pembuatan plastik, peledak, zat pewarna, tinta, detergen, karet sintetik dan nilon.

Meski memiliki banyak kegunaan dan fungsi dalam kehidupan sehari-hari, benzena juga bisa memberi dampak negatif. Dampak yang ditimbulkan beragam dan tergantung dari faktor penyebab yang ada, beberapa di antara jumlah benzena yang sangat mempengaruhi, jangka waktu interaksi dengan benzena dan daya tahan setiap individu terhadap zat kimia ini.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut