get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Bapeten Berencana Bangun PLTT di Pulau Gelasa

Sabtu, 29 Juli 2023 | 17:55 WIB
header img
Sosialisasi wacana pembangunan PLTT yang dilakukan Bapeten bersam DEN yang difasilitasi oleh Pemprov Babel, di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (28/7/2023). Foto: Diskominfo/ Fajar.

Terkait hal ini, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, menyebut bahwa kegiatan sosialisasi kali ini dilaksanakan bukannya tanpa alasan. Menurutnya, sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang thorium, yang merupakan salah satu energi terbarukan.

"Sosialisasi ini menjadi langkah awal terhadap rencana pembangunan nasional, yakni pembangunan PLTT yang rencananya akan dibangun di Pulau Gelasa. Tentunya, pemerintah daerah harus  menjembatani rencana program pembangunan nasional tersebut," kata Suganda.

"Salah satu upayanya, yaitu dengan memberikan sarana komunikasi antar pihak terkait, baik masing-masing lembaga, dengan masyarakat setempat. Kalau semua setuju, dan hasil penelitian dari Bapeten menganggap ini sangat bagus, dan menguntungkan bagi masyarakat, bagi Indonesia, saya sangat setuju. Bapeten yang bertanggung jawab, kalau Bapeten bilang lanjut, kita lanjut, dan kalau masyarakat setuju," ujarnya.

Diketahui, dalam sosialisasi tersebut, sejumlah pejabat di level pusat, turut dihadirkan Pj Gubernur Suganda, ke hadapan puluhan perwakilan masyarakat Desa Batu Beriga sebagai pembicara, antara lain Plt Kepala Bapeten, Sugeng Sumbarjo, Subkoordinator Pemantauan Pelaksanaan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) Setjen DEN, Nanang Kristanto. Turut hadir pula, Direktur Utama PT Thorchon Power Indonesia, Bob S Efendi, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Ketua DPRD Bangka Tengah, Me Hoa dan beberapa perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kepulauan Babel.

Dalam sesi diskusi, banyak respon yang diberikan oleh warga. Dalam kesempatan itu, para narasumbersecara bergantian memberikan penjelasan, yang diawali oleh Bapeten, kemudian DEN, dan terakhir dari PT Thorcon Power Indonesia sebagai perusahaan yang akan menginvestasikan pembangunan PLTT. Kesemuanya menjelaskan hal-hal positif yang akan timbul dari efek berdirinya proyeksi sumber energi pengganti PLT Batubara tersebut.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut