get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

Bapeten Berencana Bangun PLTT di Pulau Gelasa

Sabtu, 29 Juli 2023 | 17:55 WIB
header img
Sosialisasi wacana pembangunan PLTT yang dilakukan Bapeten bersam DEN yang difasilitasi oleh Pemprov Babel, di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (28/7/2023). Foto: Diskominfo/ Fajar.

BANGKA TENGAH, Lintasbabel.iNews.id - Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT) di Pulau Gelasa, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal ini diungkapkan oleh Plt Kepala Bapeten, Sugeng Sumbarjo saat melakukan sosialisasi bersama Dewan Energi Nasional (DEN), yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melalui program Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung (Gule Kabung), di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (28/7/2023).

Sugeng mengungkapkan, jika pembangunan PLTT merupakan perencanaan jangka panjang, sehingga memerlukan proses yang cukup lama dengan melalui berbagai tahapan. Namun, katanya, hadirnya PLTT akan memberikan dampak yang besar, khususnya manfaat bagi masyarakat maupun daerah. 

Sugeng menyebut, salah satu peran Bapeten yakni memastikan tingkat keamanan, serta manfaat bagi masyarakat dalam proses pembangunan PLTT nantinya. Ia juga meyakinkan jika berdirinya PLTT tidak akan mengganggu aktivitas nelayan, yang menjadi profesi mayoritas warga Batu Beriga, karena menurutnya, dampak negatif dari berdirinya PLTT tersebut sangat minim. 

"Contohnya aktivitas nelayan tidak boleh terganggu. Pembangunannya pun hanya mengambil berapa ratus meter dari bibir pantai. Berkenaan dengan limbah yang berpotensi sebagai bahan radioaktif, tergantung asal bahan bakar yang didatangkan. Jika dari luar, limbah akan dikembalikan ke negara asal. Jika dari Indonesia, pemerintah pusat akan melakukan penyimpanan limbah lestari," katanya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut