get app
inews
Aa Read Next : Banzena: Pengertian, Penggunaan, dan Turunannya

Apa itu Molekul Senyawa: Pengertian, Contoh dan Penerapannya

Jum'at, 28 Juli 2023 | 20:41 WIB
header img
NaOH, Natrium Hidroksida merupakan senyawa yang digunakan dalam bidang industri sebagai bahan baku pembuatan sabun. Foto: Net.

 

  • ZnCl2 Zink Klorida merupakan senyawa yang biasa digunakan sebagai sumber energi pada baterai lampu senter, jam, dan mobil-mobilan.
  • C6H8O6, Asam Askorbat merupakan senyawa yang biasa digunakan sebagai vitamin C dalam tubuh.
  • NaHCO3 Soda kue, merupakan senyawa yang digunakan sebagai bahan pembuatan roti.
  • CH4, Gas metana merupakan senyawa hidrokarbon yang paling sederhana. Senyawa ini merupakan penyusun utama gas alam. Sebagian besar gas metana digunakan untuk bahan bakar rumah tangga, seperti tabung gas Elpiji untuk bahan bakar kompor gas. Metana bisa ditemukan pada tambang batubara dan rawa-rawa sebagai hasil dari peruraian material organik. Sebenarnya, gas metana tidak berbau, tetapi agar pemakai kompor gas mengetahui jika terjadi kebocoran, maka gas ini diberi pelengkap zat agar bisa berbau yang digunakan sebagai tanda.
  • NaCl, Natrium Clorida atau garam dapur merupakan senyawa yang larut dalam air dan biasanya digunakan untuk memberi rasa asin pada makanan.
  • C12H22O11, Sukrosa atau gula dapur merupakan karbohidrat yang ditemukan secara alami pada banyak tanaman. Senyawa ini biasanya digunakan untuk memberikan rasa manis pada makanan/minuman.

Itu tadi penjelasan Molekul Senyawa: Pengertian, Contoh dan Penerapannya. Semoga bermanfaat!

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut