get app
inews
Aa Read Next : Banzena: Pengertian, Penggunaan, dan Turunannya

Apa itu Molekul Senyawa: Pengertian, Contoh dan Penerapannya

Jum'at, 28 Juli 2023 | 20:41 WIB
header img
NaOH, Natrium Hidroksida merupakan senyawa yang digunakan dalam bidang industri sebagai bahan baku pembuatan sabun. Foto: Net.

 

  • C2H2, Asetilena dengan nama sistematik etuna merupakan senyawa golongan hidrokarbon dari golongan alkuna yang paling sederhana. Asetilena digunakan sebagai bahan bakar untuk keperluan mengelas logam, penerangan bawah tanah, dan sebagai bahan baku plastik.
  • NH3, Amonia merupakan senyawa yang memiliki ciri khas bau yang busuk. Biasanya, gas ini dapat ditemukan pada telur busuk. Biasanya dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.
  • H2SO4, Asam sulfat merupakan cairan asam kental yang tidak memiliki warna dan larut dalam air. Zat ini banyak digunakan sebagai air aki.
  • SiO2, Silika merupakan senyawa dengan bahan penyusun utama pasir. Biasanya digunakan dalam pembuatan kaca. 
  • CO(NH2)2, Pupuk urea merupakan senyawa yang berperan penting dalam menyuburkan tanaman, penyusun protein, dan pembentuk klorofil. Selain urea, senyawa yang biasa digunakan sebagai pupuk, yaitu: pupuk ZA yang memiliki rumus molekul (NH4)2SO4, pupuk TSP yang memiliki rumus kimia Ca3(PO4)2 sebagai pupuk sumber fosfor, dan pupuk KCl sebagai sumber kalium bagi tanaman.
  • HNO3, Asam Nitrat meupakan senyawa yang sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk nitrogen, pembuatan karpet, dan bahan pakaian. Selain itu, senyawa ini juga digunakan sebagai bahan pelarut logam dan unsur kimia non-logam.
  • CaCO3, Kapur merupakan senyawa yang digunakan dalam bidang industri sebagai penetral sisa air produksi. Selain itu, kapur juga digunakan sebagai pelarut warna yang dikenakan pada plester karya seni  dan bahan bangunan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut