get app
inews
Aa Read Next : Jual Minol Tanpa Izin, Kafe Resto di Belitung Timur Dirazia : 16 Pekerja Belum Lengkapi Adminduk

MoU dengan Kemendag RI, 3 Siswi asal Manggar Ikut TKA dan Psikotes Akmet Bandung

Kamis, 13 Juli 2023 | 18:45 WIB
header img
Bupati Belitung Timur Burhanudin bersama dengan Ketua DPRD Belitung Timur Fezzi Uktolseja saat berada di Ruang CAT BKPSDM Belitung Timur. Foto: Istimewa.

BELITUNG TIMUR, Lintasbabel.iNews.id - Realisasikan MoU yang sudah ditandatangani pada bulan Februari lalu dengan Kementerian Perdagangan RI tentang kerjasama dalam pengembangan sumber daya manusia kemetrologian dengan ruang lingkup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi). Hari ini tiga siswi asal Kecamatan Manggar mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Psikotes Penerimaan Mahasiswa Baru Akademi Metrologi dan Instrumentasi Bandung di Ruang CAT BKPSDM Belitung Timur, Rabu, (12/7/2023). 

Burhanudin mengatakan bahwa seleksi TKA dan Psikotes ini merupakan hasil tindak lanjut dari MoU Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim dengan Kementerian Perdagangan RI. Ia berharap dengan kesempatan ini, akan membuka peluang bagi generasi muda Belitung Timur untuk bisa mengembangkan potensi diri dalam bidang kemetrologian sehingga kebutuhan akan SDM di bidang kemetrologian dapat terpenuhi khususnya di jajaran Pemkab Beltim.  

“Harapan kita dengan menyekolahkan anak-anak melalui kerja sama dengan Kemendag ini, Insyaallah ini memberikan kesempatan bagi putra-putri Beltim untuk bisa berkiprah, berprofesi di bidang Kemetrologian, jadi kita menciptakan SDM yang sesuai dengan kebutuhan daerah yang berorientasi pada kepentingan publik,” tutur Burhanudin. 

Ia juga menuturkan bahwa kedepannya Pemkab Beltim akan lebih menggencarkan sosialisasi ke sekolah-sekolah supaya minat generasi muda akan dunia metrologi ini semakin meningkat, mengingat pula bahwa program beasiswa ini menggratiskan biaya kuliah.

Disamping itu juga, ia mengatakan akan terus menjalin MoU dengan perguruan tinggi yang lain sehingga putra-putri baik dari Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Belitung Timur akan lebih mudah mengenyam pendidikan di jenjang perkuliahan sebagai bekal mereka memasuki dunia kerja.

“Nextnya, kita akan bekerja sama juga dengan perguruan tinggi yang lain yang semuanya berarah ke program kekhususan sehingga mereka bisa langsung bekerja,” tuturnya. 

Selaras dengan itu, Ketua DPRD Beltim, Fezzi Uktoseja mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkab Beltim untuk melaksanakan TKA dan Psikotes Akmet pertama kali di Provinsi Bangka Belitung, ia juga menilai ini langkah yang bagus dalam menyediakan SDM metrologi yang berkualitas karena kebutuhan akan lulusan dalam bidang Metrologi memiliki peluang yang besar dan sangat dibutuhkan di masyarakat, BUMN maupun di perusahaan swasta. 

“Sebenarnya Pemda sudah mampu untuk menyiapkan dengan baik berkenaan dengan MoU ini, tesnya pula di Belitung Timur sehingga tidak perlu susah-susah, mudah-mudahan kedepannya menjadi lebih baik, apalagi Akademi ini dibebaskan biaya kuliah dari kementerian Perdagangan, dan ilmu metrologi ini peluang kerjanya banyak, ini langkah awal yang sangat baik karena di Babel baru Beltim yang melaksanakan,” tuturnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut