get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Sugito Silaturahmi ke Kejati Babel

Pererat Silaturahmi, Ratusan Warga Bangka Perantauan Rayakan Hari Peh Cun di Jakarta

Jum'at, 23 Juni 2023 | 16:57 WIB
header img
Persaudaraan Bangka Bersatu (PBB) menggelar pertemuan untuk merayakan Hari Peh Cun di Pantai Ancol, Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (22/6/2023). Foto: Istimewa.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Ratusan masyarakat perantauan asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang tergabung dalam Persaudaraan Bangka Bersatu (PBB) menggelar pertemuan untuk merayakan Hari Peh Cun di Pantai Ancol, Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (22/6/2023). 


Persaudaraan Bangka Bersatu (PBB) menggelar pertemuan untuk merayakan Hari Peh Cun di Pantai Ancol, Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (22/6/2023). Foto: Istimewa.
 

Tokoh Tionghoa Bangka Belitung Hermanto Phoeng alias Aliong mengatakan, Peh Cun merupakan sebuah tradisi lama masyarakat Bangka untuk mengingat soal kesetiaan dan soliditas. 

"Jadi, kegiatannya itu ada ritual sembahyang, doa dulu menurut ajaran Khonghucu. Acara hari ini diikuti sembilan group yang melibatkan 500 orang asal Bangka, baik dari Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Bandung, untuk merayakan Hari Peh Cun," Kata Hermanto Phoeng. 

Aliong mengatakan, perayaan Peh Cun identik dengan tradisi zaman dulu atau disebut Su Yuan. Su Yuan merupakan seorang menteri yang memiliki loyalitas, dedikasi tinggi dan kejujuran. serta sangat mencintai negaranya. 

"Semangat Su Yuan itu sampai sekarang diperingati dan jadi simbol kesetiaan bagi negara. Jadi hari ini, perayaan ini juga tepat tanggal 5 bulan 5 Imlek, itu pas magnet bumi Yin dan Yang lagi tinggi," katanya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut