get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Meski Kasus PMK Nihil, Distangan Babar Tetap Berlakukan Sertifikat Veteriner Hewan Kurban 

Selasa, 13 Juni 2023 | 16:16 WIB
header img
Kabid Peternakan Distangan Babar, Agung Ari Wibowo. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Kabupaten Bangka Barat (Babar) meminta para pedagang maupun peternak untuk melaporkan hewannya sebelum melakukan pemotongan agar diperiksa terlebih dahulu oleh tim medis.

Selain itu, Distangan masih memberlakukan sertifikasi veteriner untuk hewan ternak yang akan dikonsumsi, meskipun sudah dilakukan vaksinasi untuk mencegah terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"PMK tidak bersifat Zoonosis. Artinya virus tidak menular ke manusia. Namun hewan yang terkena PMK dagingnya tetap bisa dikonsumsi, tapi harus diolah dan dimasak dengan benar agar tidak menularkan jenis penyakit yang lain," kata Kabid Peternakan Distangan Babar, Agung Ari Wibowo, Selasa (13/6/2023).

Sejauh ini kata Agung pihaknya belum mendapatkan laporan hewan ternak yang terindikasi tertular PMK. Kendati demikian menurut Agung pihaknya tetap mewaspadai hal tersebut. 

"Jadi kita secara rutin melakukan pengecekan ke para pedagang termasuk ke pedagang yang dadakan. Kita ada timnya, medik dan paramedik veteriner dari Distangan untuk melakukan pengecekan," katanya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut