get app
inews
Aa Read Next : Berpotensi Rusak Jalan Bencah-Tepus, Tambang Timah Liar Akhirnya Ditertibkan Polisi

2 Perusahaan Perkebunan Sawit di Bangka Selatan Belum Setor Pajak BPHTB, Pemda Tekor Miliaran Rupiah

Rabu, 17 Mei 2023 | 18:45 WIB
header img
Sudiarto Hatip, Kasubid Pendataan dan Penilaian, Bidang Pendapatan Daerah Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Bangka Selatan. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Wiwin Suseno.

BANGKA SELATAN, Lintasbabel.iNews.id. - Meskipun sudah beroperasi sejak beberapa tahun lalu, 2 perusahaan perkebunan sawit di Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yaitu PT Lumbung Sri Dewi di Desa Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar dan PT Bangka Besaoh di Desa Ranggas Kecamatan Airgegas, ternyata belum menyetor pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB). Akibat hal ini, membuat Pemkab Bangka Selatan rugi alias tekor miliaran rupiah.

Perusahaan tersebut belum menyetor pajak daerah, lantaran diduga belum meningkatkan hak perolehan tanahnya menjadi Hak Guna Usaha (HGU) yang menjadi dasar untuk menghitung nilai pajak BPHTB.

Kepala Bidang Pendapatan Daerah Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Pemkab Basel, Susanti melalui Kasubid Pendataan dan Penilaian, Sudiarto Hatip, mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada perusahaan tersebut untuk meningkatkan perolehan tanah menjadi HGU agar bisa dipungut pajak BPHTB.

Namun kata dia, pihak perusahaan hingga saat ini belum meningkatkan status perolehan tanahnya menjadi HGU.

"Kalau belum ditingkatkan menjadi HGU, kami belum bisa memungut, karena untuk menghitung pajak BPHTBnya berdasarkan jumlah HGU yang diperoleh pihak perusahaan. nilai pajak BPHTBnya bisa miliaran. inikan lumayan untuk menambah PAD kita dari sektor Pajak Daerah. Kami sudah melakukan sosialisasi kepada kedua perusahaan tersebut agar meningkatkan perolehan tanahnya menjadi HGU," katanya, Selasa (16/05/2023).

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut