get app
inews
Aa Read Next : Apa itu Molekul Senyawa: Pengertian, Contoh dan Penerapannya

Energi Kimia: Pengertian, Macam, Jenis dan Contohnya

Jum'at, 12 Mei 2023 | 16:20 WIB
header img
Baterai (Aki) mobil adalah salah satu contoh Energi Kimia yang bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Energi kimia yang dihasilkan diubah menjadi energi listrik. Foto: Mitsubishi/ Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Energi Kimia, pengertian, macam, jenis dan contohnya bisa kamu dapatkan di dalam artikel berikut ini. Energi Kimia sendiri adalah salah satu materi dalam mata pelajaran Fisika.

Pengertian Energi Kimia

Energi kimia merupakan energi yang keluar sebagai hasil interaksi elektron dimana dua atau lebih atom/molekul berkombinasi sehingga menghasilkan senyawa kimia yang stabil. 

Energi Kimia juga didefiniskan sebagai potensi suatu zat kimia untuk mengalami reaksi kimia lalu berubah menjadi zat lain.

Selama proses reaksi kimia, unsur-unsur yang bereaksi melepaskan sejumlah energi kimia. Energi kimia hanya dapat terjadi dalam bentuk energi tersimpan.

Bagi manusia, energi kimia yang dilepaskan ini berguna untuk membantu kerja organ-organ tubuh, menjaga suhu tubuh, serta untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Satuan energi kimia adalah kiloJoule, satuan panas Britania, atau kilokalori.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut