get app
inews
Aa Read Next : Apa itu Molekul Senyawa: Pengertian, Contoh dan Penerapannya

Contoh Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Cahaya

Kamis, 23 Februari 2023 | 10:24 WIB
header img
Contoh perubahan energi listrik menjadi cahaya dapat kamu baca di artikel berikut ini. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Contoh perubahan energi listrik menjadi energi cahaya, dapat kamu pelajari di dalam artikel berikut ini. Energi sendiri merupakan suatu kekuatan yang mampu menghasilkan perubahan pada suatu benda. 

Energi sendiri berasal dari bahasa Yunani, ERGON, yang artinya adalah kerja. Energi memiliki hukum kekekalan yang dirumuskan dengan Joule. Hukum kekekalan Joule berarti bahwa energi tidak bisa dihilangkan atau dimusnahkan, tetapi dapat diubah menjadi energi lain.

Menurut Einstein, energi merupakan suatu produk dari massa dan kuadrat kecepatan cahaya seperti halnya cahaya matahari.

Menurut Campbell, Reece, dan Mitchell, energi merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu. Sementara menurut Young, energi merupakan sebuah pekerjaan yang mampu menciptakan suatu produk, yang artinya setiap pekerjaan pasti ada dasar energi.

Sifat Energi

Adapun sifat-sifat perubahan energi adalah sebagai berikut ini:

  • Transformasi energi ialah energi bisa diubah dalam bentuk lain. Sebagai conohnya energi panas pembakaran menjadi energi mekanik mesin.
  • Transfer energi yaitu energi panas dari suatu material atau tempat dapat di transferkan ke tempat atau metrial lain. Sebgai contoh pemanasan air pada panci, dengan energi panas yang berasal di api ditransferkan melalui material panci sehingga memanaskan air dan setelah melalui titik didih air, maka air akan menguap.
  • Energi dapat dipindahkan yakni dari benda lain oleh suatu gaya yang menyebabkan pergeseran. Dalam hal ini sering disebut dengan energi mekanik.
  • Energi ialah kekal merupakan energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut