get app
inews
Aa Read Next : Brasil akan Jalankan Putusan Pidana Penjarakan Mantan Bintang Man City Robinho

Kandaskan Belgia, Italia ke Semifinal Euro 2020

Sabtu, 03 Juli 2021 | 07:57 WIB
header img
Laga Italia vs Belgia di perempat final Euro 2020. Foto : Reuters

MUNICH, lintasbabel.id– Timnas Italia menyingkirkan Belgia dengan skor 2-1 di babak delapan besar Euro 2020 di Allianz Arena, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. Italia pun lolos ke semifinal yang akan berhadapan dengan Spanyol.

La Furia Roja melaju ke babak empat besar usai mengandaskan perlawanan Swiss 3-1 via adu penalti. Duel Italia kontra Spanyol akan berlangsung di Wembley, 7 Juli 2020 dini hari WIB.

Italia sejak awal memang sudah memperlihatkan permainan yang luar biasa karena sanggup menekan Belgia. Bayangkan saja ketika laga baru berjalan 13 menit, Italia sudah mampu menggetarkan jala gawang skuat asuha Roberto Martinez tersebut.

Kendati begitu, bola yang dimasukkan oleh Giorgio Chiellini itu pada akhirnya tidak disahkan oleh wasit. Sebab setelah melihat VAR, Chiellini dan Di Lorenzo berada di posisi offside.

Meski pada akhirnya gol tersebut dianulir, permainan Italia nyatanya semakin galak. Begitu juga Belgia yang semakin berhati-hati karena jika tak dinyatakan offside, maka mungkin mereka tertinggal lebih cepat.

Pertandingan berjalan kian menarik dan sengit ketika laga sudah memasuki pertengahan babak pertama. Namun, Italia nyatanya sanggup mencetak gol pertamanya di menit 31 melalui aksi gol dari Nicolo Barella.

Berawal dari situasi yang rumit di kotak penalti Belgia, Marco Verratti sanggup memberikan umpan kepada Barella yang selanjutnya mampu memberikan gol untuk Italia. Skor 1-0 itu pun tak bertahan lama karena Italia lagi-lagi dapat mencetak gol ke gawang Belgia.

Kali ini gol Italia dipersembahkan oleh aksi tunggal Lorenzo Insigne di menti 44. Insigne dapat melepaskan gol indah yang tak dapat diantisipasi oleh kiper Belgia, Thibaut Courtois.

Ketika babak pertama hampir berakhir, Belgia setidaknya sanggup memperkecil ketertinggalan di menit 45+2. Berawal dari hadiah penalti yang diberikan wasit karena pelanggaran Di Lorenzo terhadap Doku, Lukaku yang mengeksekusi tendatangan penalti sanggup membuat skor babak pertama berakhir 2-1 untuk keunggulan Italia atas Belgia.

Memasuki babak kedua, baik Italia dan Belgia masih terus bermain terbuka. Belgia di babak kedua ini pun tampil lebih beringas dan sukses menciptakan peluang emas beberapa kali.

Sayangnya semua peluang emas itu, seperti yang terjadi di menit 61 di mana Lukaku gagal memasukkan bola lantaran bola mengenai Spinazzola, nasibnya sama-sama gagal dikonversikan menjadi gol.

Pergantian pemain pun dilakukan Belgia, seperti memasukkan Nacer Chadli di menit 70 untuk menggantikan Thomas Meunier. Kendati begitu, Chadli dengan cepat ditarik kembali dan digantikan Dennis Praet karena mengalami cedera.

Sementara itu, Italia pun juga mulai melakukan pergantian pemain untuk mengistirahat pemain andalan mereka. Immobile, Spinazzola, Insigne, dan Verratti menjadi empat pemain yang langsung diamankan oleh Roberto Mancini.

Jelang beberapa menit laga ingin berakhir, Italia dikepung oleh Belgia. Namun, berkat kukuhnya pertahanan Chiellini dan Bonucci, Italia mampu bertahan dengan baik dan membuat laga berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Gli Azzurri atas Belgia.

Berikut Susunan Pemain:

Belgia XI (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen; Thomas Meunier, Axel Witsel, Youri Tielemans, Thorgan Hazard; Kevin De Bruyne, Jeremy Doku; Romelu Lukaku.

Cadangan: Thomas Kaminski, Matz Sels, Dedryck Boyata, Jason Denayer, Yannick Carrasco, Dries Mertens, Leander Dendoncker, Nacer Chadli, Dennis Praet, Christian Benteke, Michy Batshuayi, Leandro Trossard.

Pelatih: Roberto Martinez.

Italia XI (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti; Federico Chiesa, Lorenzo Insigne, Ciro Immobile.

Cadangan: Salvatore Sirigu, Alex Meret, Emerson, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni, Rafael Toloi, Manuel Locatelli, Matteo Pessina, Bryan Cristante, Andrea Belotti, Domenico Berardi, Fedrico Bernardeschi.

Pelatih: Roberto Mancini.

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut