Logo Network
Network

EURO 2020 : Infografis 5 Pahlawan di Babak 16 Besar

Muri Setiawan
.
Kamis, 01 Juli 2021 | 16:37 WIB
EURO 2020 : Infografis 5 Pahlawan di Babak 16 Besar
Infografis 5 pemain yang layak disebut Pahlawan pada babak 16 besar EURO 2020. (iNews)

WEMBLEY, lintasbabel.id- Babak 16 besar ajang 4 tahunan, Euro 2020 memberi banyak kejutan. Prancis, Portugal dan Jerman yang digadang-gadang akan membawa pulang trofi ternyata harus angkat koper di fase ini. Portugal tersingkir usai kalah dari Belgia dengan skor 1-0. Jerman lebih tragis, harus angkat kaki lebih dulu usai ditekuk Inggris 2-0. Paling mengejutkan yakni Prancis, disingkirkan Swiss usai kalah adu penalti dengan skor tipis 5-4. 

Ajang Pesta Eropa kali ini, juga menelurkan sejumlah nama-nama pemain yang sebelumnya tak masuk perhitungan, yang justru muncul bak pahlawan di babak 16 besar Euro 2020. 

Berikut lima bintang tak terduga yang jadi pahlawan di Euro 2020:

5. Kasper Dolberg - Denmark
Kasper Dolberg, bintang klub Prancis OGC Nice ini sebenarnya bukan pilihan utama pelatih Kasper Hjulmand. Terbukti dalam dua pertandingan pertama Denmark di fase grup, posisi striker biasanya diberikan kepada Yussuf Poulsen. Hingga akhirnya pelatih Hjulmand mencoba memberikan tempat utama untuk Dolberg di laga 16 besar melawan Wales.

Hasilnya mengejutkan, Dolberg tampil bak kesetanan dengan memborong dua gol kemenangan Denmark dalam laga tersebut. Jika bukan karena dua gol Dolberg, Denmark mungkin akan kesulitan juga meladeni Wales yang diperkuat Gareth Bale.

4. Federico Chiesa- Italia
Sebelum kick-off, banyak yang berharap magis dari Lorenzo Insigne atau Ciro Immobile bisa membawa Italia menang atas Austria. Namun faktanya, Italia ternyata kesulitan meladeni permainan spartan ala Austria. Hingga akhirnya, pelatih Roberto Mancini memasukkan Federico Chiesa untuk menggantikan Domenico Berardi di sektor sayap kanan.

Menariknya, pergantian Mancini berbuah jitu, justru Chiesa yang mampu membuka kran gol Italia di laga melawan Austria. Terkadang memang kita tidak boleh bergantung pada satu pemain bintang saja. Chiesa membuktikan dirinya sebagai salah satu supersub terbaik di babak 16 besar.

3. Tomas Holes - Republik Ceko
Bicara Timnas Republik Ceko, pasti semua orang akan mengira jika Patrik Schick, Vladimir Coufal, atau Tomas Soucek yang akan menjadi bintang. Anggapan itu ada benarnya juga mengingat ketiga bintang itu yang paling terkenal di Republik Ceko saat ini.

Namun, pahlawan sesungguhnya Republik Ceko sehingga mampu mendepak Belanda malah berasal dari pemain tak terduga sebelumnya. Namanya adalah Tomas Holes, bintang Slavia Praha. Di laga melawan Belanda, Holes bisa dikatakan adalah biang keroknya. Bagaimana tidak, Holes yang bermain sebagai gelandang bertahan sukses memberikan satu gol dan assist.

2. Thorgan Hazard - Belgia
Cerita nyaris serupa juga dialami Timnas Belgia yang tadinya berharap tuah kepada Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, atau Eden Hazard guna mencetak gol ke gawang Portugal di 16 besar. Ternyata gol kemenangan malah tercipta dari pemain tak terduga.

Namanya sama-sama Hazard ketika muncul di papan skor, tapi bukan Eden Hazard. Nama yang dimaksud adalah sang adik, Thorgan Hazard. Proses terjadinya gol juga sangat indah, Thorgan Hazard berhasil melepaskan tembakan jarak jauh yang menghujam langsung ke gawang Portugal kawalan Rui Patricio. Hal ini membuktikan kalau Belgia bisa mencetak gol dari pemain mana saja.

1. Granit Xhaka - Swiss
Terakhir, ada Granit Xhaka dari Timnas Swiss yang menjadi kunci menyingkirkan Prancis. Padahal di awal pertandingan, tak ada yang berani mengunggulkan Swiss untuk membungkam Prancis. Namun dengan kepemimpinannya, Xhaka sukses membawa Swiss membungkam keangkuhan Prancis yang terlihat meremehkan mereka. Memang Xhaka hanya mencetak satu assist saja, tapi suntikan semangat dari dirinya sukses membuat Swiss tampil menggila.

Jangan lupa juga Xhaka tercatat cukup berhasil meredam dominasi lini tengah Prancis yang berisi Paul Pogba dan N’Golo Kante. Selain itu, Xhaka pun membuat serangan tim lebih efektif dari Prancis.

 

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA Euro 2020 di iNewsTV

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.