get app
inews
Aa Read Next : Fakta Penting Kebaya, Sampai-sampai Diklaim Milik 4 Negara Jiran

Wow, Gamelan Ternyata Sudah Ada Sejak Tahun 404 Masehi

Senin, 03 April 2023 | 14:09 WIB
header img
Gamelan di luar negeri memiliki tempat tersendiri, dan kerap ditampilkan dalam pergelaran musik yang dipadukan dengan orkestra. Foto: net.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Gamelan, mendngar satu kata itu tentu setiap orang sudah langsung bisa memberikan penjelasan. Gamelan selalu identik dengan musik, Jawa, dan Wayang. Ya, alat musik yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO ini adalah alat musik ansambel tradisional Jawa, Sunda, Bali dan Lombok.

Gamelan memiliki tangga nada pentatonis dalam sistem tangga nada slendro dan pelog. Terdiri dari instrumen musik perkusi yang digunakan pada seni musik karawitan.

Gamelan sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari rakyat di berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya itu, gamelan juga terus dipelajari dan dikembangkan, hingga diwariskan dari generasi ke generasi.

Berikut ini sejumlah fakta soal Gamelan, yang dirangkum dari iNews.id, Senin (3/4/2023).

 

Warisan Budaya Tak Benda ke-12 Indonesia

Mengutip akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), penetapan gamelan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO, dilakukan melalui sidang Ke-16 Komite Penyelamatan Warisan Budaya Tak Benda (Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage) yang berlangsung di Paris, Prancis, Rabu (15/12/2021) lalu.

Dengan adanya penetapan ini, gamelan bergabung menjadi Warisan Budaya Tak Benda ke-12 Indonesia.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut