get app
inews
Aa
Read Next : Wow, Gamelan Ternyata Sudah Ada Sejak Tahun 404 Masehi

Fakta Penting Kebaya, Sampai-sampai Diklaim Milik 4 Negara Jiran

Selasa, 29 November 2022 | 18:04 WIB
header img
Fakta penting Kebaya penting untuk diketahui, untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa nasionalisme. Foto: Instagram/@didietmaulana

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Fakta penting Kebaya penting untuk diketahui, untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa nasionalisme. Terlebih Kebaya sudah menjadi salah satu pakaian nasional, yang kerap dipakai dalam beberapa acara-acara hari besar nasional oleh kaum perempuan Indonesia. Wanita yang mengenakan Kebaya ini, akan terlihat lebih anggun dan feminim.

 

 

Kebaya sendiri dahulu dikenakan oleh wanita Jawa, dan mulai populer di tangan Pahlawan Nasional RA. Kartini. Kartini semasa hidupnya memang sangat lekat dengan busana Kebaya, hingga menjadi sangat populer dan paling banyak dikenakan wanita Indonesia saat ini.

Namun, selain Indonesia, ternyata ada juga negara jiran yang mengklaim Kebaya adalah pakaian khas mereka, yakni Malaysia, Singapura, Brunei, dan Thailand.

Bahkan bersama Indonesia, keempat negara itu ikut mendaftarkan Kebaya sebagai warisan budaya tak-benda ke UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization).

Terlepas dari semangat memperjuangkan Kebaya di UNESCO, berikut ini beberapa fakta penting Kebaya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Hanya Diperbolehkan Dipakai oleh Kaum Bangsawan

Pada awal mulanya, Kebaya identik dengan kaum ningrat atau kaum bangsawan. Kebaya tidak sembarangan boleh dikenakan oleh wanita pada masa dahulu. Mereka yang diperbolehkan memakai kebaya adalah wanita berdarah biru atau keturunan ningrat. Wanita ningrat yang kerap mengenakan Kebaya pada zaman dahulu adalah dari Keraton seperti Yogyakarta dan dari Keraton di Pulau Jawa saja.

Namun, seiring berjalannya waktu, Kebaya kemudian diperbolehkan dikenakan oleh wanita biasa hingga seperti saat ini, dimana wanita kebanyakan mengenakan Kebaya dalam beberapa hari penting.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut