get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

Babel Ekspor Produk Pertanian Senilai Rp141,9 Miliar

Jum'at, 31 Desember 2021 | 15:38 WIB
header img
Babel Ekspor Produk Pertanian Senilai Rp141,9 Miliar. (Foto : lintasbabel.id/ Haryanto)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina menutup akhir tahun 2021 dengan melakukan ekspor serentak di 34 pintu ekspor dengan tajuk Gebyar Ekspor Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks). Salah satu pintu ekspor tersebut yaitu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Pelabuhan Pangkal Balam, dengan nilai ekspor mencapai Rp141,9 miliar.

Ekspor produk pertanian dari Babel juga dilaporkan oleh Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Pangkalpinang yang menunjukkan tren membaik. 

Selaku otoritas Karantina Pertanian di perdagangan internasional, unit pelaksana teknis Badan Karantina Pertanian (Barantan) di Pangkalpinang, bertugas untuk memfasilitasi produk pertanian saat dilalulintaskan, baik ekspor, impor dan antar area.

"Ada tiga komoditas pertanian unggulan ekspor asal Babel yakni lada, karet dan produk olahan kelapa sawit," kata Kepala Karantina Pertanian Pangkalpinang, Saifudin Zuhri setelah acara Gebyar Ekspor berlangsung di Pelabuhan Pangkal Balam, Pangkalpinang, Jum’at (31/12/2021).

Menurut Zuhri, akhir tahun 2021 Babel menutup ekspor dengan tiga komoditas pertanian.

 “Pada kesempatan gebyar ekspor ini, Karantina Pertanian Pangkalpinang memfasilitasi para eksportir dari 16-31 Desember 2021 diantaranya lada biji sejumlah 100 ton senilai Rp10,136 milyar dengan negara tujuan Jepang, Vietnam dan Thailand. Selain lada biji, karet sir dari Babel juga diekspor ke Korea Selatan sejumlah 282,24 ton senilai Rp7,15 milyar," ujarnya.

Gebyar ekspor ini terpusat di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Laut Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan diikuti dalam jaringan (daring) dari seluruh Indonesia dan dilepas langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut