get app
inews
Aa Read Next : Pasukan Ukraina Dikabarkan Bunuh Presiden Putin Pakai Drone

Putin Dijadikan Buronan Internasional, Begini Reaksi Rusia

Sabtu, 18 Maret 2023 | 22:14 WIB
header img
Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) Denhaag. Foto: TASS.

MOSCOW, lintasbabel.iNews.idid - Pemerintah Rusia Murka setelah Mahkamah Kriminal Internasional (International Criminal Court/ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Presiden Vladimir Putin dengan tuduhan kejahatan perang.

Surat perintah penangkapan yang diterbitkan pada Jumat, 17 Maret 2023 membuat orang nomor satu di Rusia itu secara otomatis menjadi buron, untuk dihadirkan dalam persidangan kejahatan perang karena dituduh telah melakukan deportasi ilegal terhadap sekitar 17 ribu anak-anak Ukraina ke Rusia.

Selain Putin, Mahkamah Internasional yang berkedudukan di Den Haag, Belanda ini juga menerbitkan surat penangkapan bagi Komisariat Hak-hak Anak Rusia, Maria Lvova Belova dengan dakwaan yang sama.

Dilansir dari Kantor Berita Rusia, TASS, juru bicara kepresidenan Rusia, Dmytri Peskov menilai tindakan ICC sudah tidak bisa ditolerir dan melampaui batas. Kremlin bahkan menyatakan tidak pernah mengakui keberadaan ICC sebagai sebuah sistem peradilan internasional dan tidak mengakui yuridiksinya.

"Kami menganggap perumusan masalah ini keterlaluan dan tidak dapat diterima. Rusia, serta beberapa negara lain, tidak mengakui yurisdiksi pengadilan ini dan, oleh karena itu, keputusan semacam ini batal demi hukum bagi Rusia."kata Peskov.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut