get app
inews
Aa Read Next : SE Satgas Covid-19 Bebaskan PCR dan Antigen Bagi Pelaku Perjalanan, Begini Ketentuannya

Kejari Bangka Barat Imbau Masyarakat Tidak Percaya Hoaks Tentang Vaksin Anak

Rabu, 29 Desember 2021 | 13:05 WIB
header img
Penyuntikan vaksinasi Covid-19 perdana bagi anak-anak usia 6 hingga 11 tahun di SDN 3 Muntok, Jumat (17/12/2021) lalu. (Foto: iNews.id / Rizki Ramadhani).

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Masyarakat Bangka Barat sempat dihebohkan dengan beredarnya video yang berisi informasi mengenai vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Dalam video tersebut berisi pesan jika vaksin Covid-19, tidak layak digunakan dan tidak aman serta terkesan membahayakan. 

Menanggapi hal ini, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Barat Helena Octavianne mengatakan video tersebut dibuat dan dibagikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, sehingga berpotensi menyebar hoaks atau disinformasi. 

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Bangka Barat, agar tidak mempercayai informasi dalam video tersebut," ujar Helena, Rabu (29/12/2021). 

Menurutnya, vaksinasi bagi anak-anak dilaksanakan berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) melalui Surat Nomor 166/ITAGI/Adm/XII/2021 tanggal 9 Desember 2021, yang menyatakan Vaksinasi Covid-19 dapat diberikan kepada anak usia 6 sampai 11 tahun.

Jenis vaksin yang akan digunakan untuk anak usia 6-11 tahun adalah vaksin sinovac, yang sudah ada Emergency Use Of Authorization (EUA) dari BPOM. Untuk vaksin sinovac, interval pemberian dosis 1 dan dosis 2 adalah 28 hari, serta harus didahului dengan proses pemeriksaan kesehatan. 

"Orang tua memiliki peran penting dalam mensukseskan vaksinasi bagi anak usia 6 - 11 tahun, dan kita berharap melalui partisipasi aktif orang tua siswa untuk mengajak anak-anak usia 6-11 tahun untuk vaksinasi Covid-19, bisa membantu mempercepat cakupan vaksinasi di Kabupaten Bangka Barat," tuturnya. 

Helena menegaskan, sosialisasi kepada para orang tua dan pihak sekolah juga terus dilakukan guna meningkatkan pemahaman pentingnya vaksinasi untuk anak-anak. 

"Kita berharap agar setelah dilaksanakan vaksinasi bagi anak - anak tersebut dapat memiliki kekebalan tubuh yang baik dan menurunkan risiko apabila tertular virus tersebut serta sebagai upaya agar dapat terhindar dari Covid-19," katanya. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut