get app
inews
Aa Read Next : SE Satgas Covid-19 Bebaskan PCR dan Antigen Bagi Pelaku Perjalanan, Begini Ketentuannya

6 Hal yang Harus Diperhatikan Pemotor Agar Terhindar dari Paparan Corona

Sabtu, 31 Juli 2021 | 08:39 WIB
header img
Interaksi di luar sangat memungkinkan terjadi penularan. (Foto : AHM).

JAKARTA, lintasbabel.id - Melihat penularan dan kematian kasus Covid-19 yang semakin tinggi, membuat masyarakat dituntut ekstra waspada dalam menjaga protokol kesehatan. Terlebih, bagi mereka yang sehari-hari beraktivitas mengendarai motor.

Interaksi di luar sangat memungkinkan terjadi penularan. Untuk itu, apa saja yang harus diperhatikan pengendara motor agar tidak terpapar Covid-19? Dilansir dari laman resmi Astra Motor (30/07/2021), berikut enam hal yang harus diperhatikan: 

1. Pakai masker dua lapis 

Cara ini merupakan penerapan utama dalam mencegah penularan virus Covid-19 jenis baru. Pemerintah telah menganjurkan memakai masker dua lapis. Selain melindungi Anda dari debu dan polusi, masker tertutup dapat melindungi Anda dari penularan virus saat berpapasan atau berinteraksi dengan orang lain.

2. Bawa selalu hand senitizer 

Langkah kedua yang harus Anda siapkan adalah selalu membawa hand senitizer kemanapun pergi. Ini untuk memastikan tangan Anda terjaga kebersihanya.  

3. Gunakan sarung tangan bersih 

Ada baiknya ketika berpergian gunakan sarung tangan agar tidak menyentuh langsung objek barang yang terkena kuman. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan bersih agar higienis. Virus akan menyebar di suatu tempat yang tidak terjaga kebersihannya. 

4. Gunakan helm sendiri 

Hindari menggunakan helm milik orang lain. Ini bertujuan untuk mencegah risiko tinggi penularan Covid-19 yang membahayakan.

5. Mencuci tangan setengah berkendara 

Setelah Anda beraktivitas biasakan mencuci tangan sebelum masuk rumah. Meskipun selama perjalanan Anda memakai masker, hand senitizer dan sarung tangan, mencuci tangan menggunakan sabun efektif memutus rantai penyebaran Covid-19. 

Wabah Korona Berdampak terhadap Bisnis Pembiayaan, Ini Kata Dirut Mandiri Tunas Finance Arya Suprihadi

6. Cuci motor 

Mencuci motor tidak hanya membuat kendaraan kinclong tetapi menjaga kebersihan dari kuman dan virus yang menempel. Ini terutama pada bagian motor yang sering disentuh, seperti jok dan stang.

Cuci menggunakan sabun agar kuman dan kotoran yang menempel terangkat. Rutinitas ini harus dijaga agar motor tetap bersih.

Jangan sampai tangan Anda menyentuh barang atau benda yang tanpa disadari terpapar Covid-19. Jika habis menyentuh sesuatu semprotkan atau gunakan handsanitzer agar virus dan kuman berbahaya mati.

 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut