get app
inews
Aa Read Next : Berperan Aktif Tingkatkan Akreditasi Poliklinik Polres Bangka Tengah, Personel Ini Raih Penghargaan

Menkes Klaim Mampu Deteksi Omicron Dalam Waktu 4-6 Jam

Senin, 27 Desember 2021 | 12:05 WIB
header img
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

JAKARTA, lintasbabel.id - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah telah menggunakan teknologi terbaru untuk mendeteksi Covid-19 varian Omicron. Teknologi terbaru itu, kata Menkes dapat memangkas waktu pemeriksaan secara signifikan.

Tes PCR Covid-19 yang mampu mendeteksi varian Omicron ini, menurutnya sudah disebarkan di berbagai lokasi di Indonesia, terutama di pintu masuk kedatangan Indonesia.

"Kita menggunakan teknologi baru tes PCR Covid-19 untuk mendeteksi materi Omicron. Kita sudah sebarkan di seluruh pintu masuk kedatangan luar negeri," ujar Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (27/12/2021).

Budi menyebutkan dengan tes PCR Covid-19 teknologi terbaru ini, hasil pemeriksaan terhadap seseorang dapat dipangkas waktunya secara signifikan.

"Sehingga hasilnya lebih cepat mendeteksi Omicron menggunakan tes PCR yang cuman 4-6 jam dibandingkan dengan tes Genome Sequencing yang memakan waktu 3-5 hari," ucap Budi.

Selain itu, dia mengungkapkan pemerintah mendatangkan 15 mesin Genome Sequencing untuk disebar di berbagai pulau di Indonesia. Mesin tersebut didatangkan sebagai antisipasi menghadapi varian baru Covid-19 yakni Omicron.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut