get app
inews
Aa Read Next : Gratis! Link Live Streaming Indonesia vs Argentina, Cek di Sini

Wasit Rugikan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Minta Piala AFF Pakai VAR

Jum'at, 24 Desember 2021 | 17:44 WIB
header img
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong.(Foto:Dok MPI)

PELATIH Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, meminta gelaran Piala AFF menggunakan Video Assistant Referee (VAR) di edisi mendatang. Dalam pandangan Shin Tae-yong, VAR dibutuhkan di momen-momen genting sebuah pertandingan.

Timnas Indonesia sempat dirugikan wasit asal Korea Selatan, Kim Hee Gon, di laga kontra Singapura pada leg I semifinal Piala AFF 2020, Rabu 22 Desember 2021. Di menit 77 atau dalam kedudukan sama kuat 1-1, Timnas Indonesia mendapatkan peluang lewat aksi Ricky Kambuaya.

Gelandang Persebaya Surabaya itu dijatuhkan salah satu pemain belakang Singapura tepat di area kotak penalti. Namun, wasit tidak menganggap pelanggaran berada di dalam kotak penalti.

Karena itu, Kim Hee Gon hanya memberikan hadiah tendangan bebas kepada Timnas Indonesia. Padahal, jika Timnas Indonesia dihadiahi penalti dan mengonversikannya menjadi gol, skuad Garuda bakal menang 2-1 atas Singapura.

“Sebagai orang yang pernah turun di Piala Dunia, saya pikir teknologi VAR sangat diperlukan. Dalam pertandingan penting, keputusan wasit dapat merusak dan membahayakan hasil pertandingan,” kata Shin Tae-yong di sesi konferensi pers jelang laga Timnas Indonesia vs Singapura.

Shin Tae-yong juga menyinggung jalannya laga Vietnam vs Thailand di leg I semifinal Piala AFF 2020. Dalam laga tersebut, setidaknya ada dua pelanggaran yang sejatinya bisa menguntungkan Vietnam dan mengubah hasil pertandingan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut