get app
inews
Aa Read Next : SE Satgas Covid-19 Bebaskan PCR dan Antigen Bagi Pelaku Perjalanan, Begini Ketentuannya

Covid-19 Jadi Flu Biasa di Singapura, Indonesia Diminta Jangan Latah

Senin, 28 Juni 2021 | 10:59 WIB
header img
Vaksinasi massal Covid-19 di Mapolres Belitung Timur. Foto: lintasbabel.id/ Devi Sulistya.

JAKARTA, lintasbabel.id - Pemerintah Singapura akan menganggap virus Covid-19 sebagai flu biasa. Covid-19 di negeri jiran itu, akan ditangani seperti penyakit endemik lainnya. 

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban meminta agar pemerintah tidak latah dengan langkah yang diambil pemerintah Singapura.

“Jangan latah dan membandingkan kita dengan Singapura yang akan perlakukan Covid-19 seperti flu biasa,” kata Zubairi lewat media sosial pribadinya, Senin (28/6/2021), seperti dilansir dari iNews.id.

Zubairi menegaskan, pekerjaan rumah Indonesia untuk menangani Covid-19 masih banyak. Diantaranya varian Delta yang semakin banyak terdeteksi di Indonesia. 

Kemudian, tingkat vaksinasi Covid-19 juga masih rendah. Selain itu, testing juga ditambah rumah sakit di sejumlah wilayah juga over capacity. 

“Pekerjaan rumah kita masih banyak: Varian Delta + tingkat vaksinasi masih rendah + testing rendah + rumah sakit penuh. Mari fokus penanganan di negara sendiri,” tutur Zubairi. 

Diketahui, Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong, kemudian Menteri Keuangan Lawrence Wong, dan Menteri Kesehatan Ong Ye Kung menegaskan prioritas negara itu dalam berapa bulan ke depan yakni mempersiapkan Singapura untuk hidup dengan Covid-19 sebagai penyakit yang akan terjadi lagi dan dapat dikendalikan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut