get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, UNABA Babel Gelar Seminar Public Speaking 

Perbedaan Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Senin, 30 Januari 2023 | 17:59 WIB
header img
perbedaan komunikasi verbal dan non verbal bisa disimak pada artikel berikut ini. Foto: Ilustrasi komunikasi verbal/ net.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini perbedaan antara komunikasi verbal dan non verbal yang telah dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Perbedan Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Anderson (1990) menyatakan bahwa “nonverbal communication is perceived as more honest. If verbal and nonverbal behaviors are inconsistent, most people trust the nonverbal behavior. There is little evidence that nonverbal behavior actually is more trustworthy than verbal communication; after all, we often control it quite consciously. Nonetheless, it is perceived as more trustworthy”.

Dia menyatakan bahwa ada perbedaan antara kedua sistem komunikasi verbal dan non verbal. 

1. Jujur dan Dipercaya

Komunikasi nonverbal yang dianggap lebih jujur. Jika muncul perilaku verbal dan nonverbal yang tidak konsisten, kebanyakan orang percaya perilaku nonverbal. Ada beberapa bukti menyatakan bahwa perilaku nonverbal sebenarnya lebih dapat dipercaya daripada komunikasi verbal, walaupun kita sering mengontrolnya cukup sadar. Namun, komunikasi nonverbal dianggap lebih dapat dipercaya.

2. Saluran Komunikasi

Perbedaan kedua, komunikasi nonverbal memiliki saluran yang banyak. Komunikasi verbal biasanya terjadi dalam satu saluran, komunikasi verbal lisan yang diterima melalui pendengaran, dan komunikasi verbal tertulis dapat dilihat, dirasakan, didengar, berbau, dan mencicipi. 

Anda tentu sering menerima komunikasi nonverbal secara bersamaan melalui dua atau lebih saluran, seperti ketika melihat seseorang memberikan pelukan hangat sembari berbisik "I love you".

3. Perbedaan Simbol

Perbedaan ketiga, komunikasi verbal adalah diskrit, sedangkan komunikasi nonverbal berlangsung terus menerus.  Simbol verbal mulai dan berhenti secara bergantian. Saat seseorang mulai berbicara pada satu saat dan berhenti berbicara saat yang lain. 

Sementara komunikasi nonverbal cenderung mengalir terus. Sebelum kita berbicara, ekspresi wajah dan postur mengungkapkan perasaan kita, saat kita bicara, gerakan tubuh kita dan mengkomunikasikan penampilan, dan setelah kita berbicara postur tubuh berubah, mungkin santai).

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut