get app
inews
Aa Read Next : Tim Kelambit Polres Bangka Bekuk 2 Pelaku Spesialis Bobol Kelenteng dan Toko

Kemeriahan Puncak Imlek 2023 di Kelenteng Kwan Tie Miau, Kelenteng Berusia 200 Tahun Lebih 

Minggu, 22 Januari 2023 | 01:47 WIB
header img
Puncak perayaan tahun baru Imlek 2023 di Kelenteng Kwan Tie Miau Kota Pangkalpinang, Sabtu (21/1/2023) malam. Kelenteng ini memilik usia lebih dari 200 tahun. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Perayaan malam tahun baru Imlek 2574 atau 2023 di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sabtu (21/1/2023) malam, berlangsung meriah. Salah satunya adalah di Kelenteng Kwan Tie Miau, kelenteng tertua di Kota Pangkalpinang. 

Kelenteng yang berusia lebih dari 200 tahun ini, menjadi pusat perayaan imlek di Kota Pangkalpinang. Ribuan masyarakat sudah memadati kelenteng dari sore, hingga tengah malam, untuk melihat kegiatan di tempat peribadatan umat Konghucu ini, salah satunya pertunjukan Barongsai. 

Tidak hanya masyarakat etnis Tionghoa, warga lainnya juga turut hadir memeriahkan malam tahun baru Imlek kali ini. 

Ketua Matakin Babel, Hendri Gunawan mengatakan, selain pertunjukan Barongsai,  jemaat Kelenteng Kwan Tie Miau juga melaksanakan sembahyang satu hari sebelum tahun baru Imlek 

"Sembahyang pada satu hari sebelum tahun baru Imlek 2574 Kongzili itu adalah sebagai awal dari permohonan di awal tahun yang baru ini. Umat-umat di kelenteng ini dari pagi jam 4 kurang sampai subuh sudah silih berganti datang di kelenteng ini untuk menyembah, dengan sesajian yang menurut mereka masing-masing," kata Hendri Gunawan, Minggu (22/1/2023) dinihari. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut