Potret Semarak Imlek 2023 di Kelenteng Kwan Tie Miau Kota Pangkalpinang, Kerukunan yang Terjaga

Haryanto/ Irwan Setiawan
.
Minggu, 22 Januari 2023 | 02:00 WIB

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Perayaan malam tahun baru Imlek 2574 atau 2023 di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sabtu (21/1/2023) malam, berlangsung meriah. Salah satunya adalah di Kelenteng Kwan Tie Miau, kelenteng tertua di Kota Pangkalpinang. 

Kelenteng yang berusia lebih dari 200 tahun ini, menjadi pusat perayaan imlek di Kota Pangkalpinang. Ribuan masyarakat sudah memadati kelenteng dari sore, hingga tengah malam, untuk melihat kegiatan di tempat peribadatan umat Konghucu ini, salah satunya pertunjukan Barongsai. 

Tidak hanya masyarakat etnis Tionghoa, warga lainnya juga turut hadir memeriahkan malam tahun baru Imlek kali ini. 

Ketua Matakin Babel, Hendri Gunawan mengatakan, selain pertunjukan Barongsai,  jemaat Kelenteng Kwan Tie Miau juga melaksanakan sembahyang satu hari sebelum tahun baru Imlek 

"Sembahyang pada satu hari sebelum tahun baru Imlek 2574 Kongzili itu adalah sebagai awal dari permohonan di awal tahun yang baru ini. Umat-umat di kelenteng ini dari pagi jam 4 kurang sampai subuh sudah silih berganti datang di kelenteng ini untuk menyembah, dengan sesajian yang menurut mereka masing-masing," kata Hendri Gunawan, Minggu (22/1/2023) dinihari. 

Puncak perayaan Imlek ditandai dengan menyalakan lilin dan sembayang secara bersama-sama di tengah malam, pada pukul 11:00 WIB. 

"Berharap berdoa memohon kepada dewa Kwan Kong dan dewa dewi yang ada di kelenteng ini, untuk dapat memberikan keselamatan, kesuksesan, dan anak-anak di sekolah mereka diberikan satu hasil studi yang begitu baik di tahun ini," katanya. 

Sementara itu, salah satu jemaat Kelenteng Kwan Tie Miau, Veren berharap di tahun baru ini setiap kegiatan dapat berjalan lancar dan baik. 

"Perayaan hari ini sih semoga aja lebih meriah, juga kalau ada rezeki semoga lancar juga, terus hal-hal yang baik berjalan dengan lancar juga," ujarnya.

Berikut ini potret semarak Imlek 2023 di Kelenteng Kwan Tie Miau Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (21/1/2023) malam.

 

Artikel: Irwan Setiawan

Fotografer: Haryanto

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Bagikan Artikel Ini