get app
inews
Aa Read Next : Senyawa dengan Ikatan Kovalen Tunggal

Senyawa Natrium Klorida: Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Rabu, 18 Januari 2023 | 20:40 WIB
header img
Senyawa Natrium Klorida atau lebih dikenal dengan garam, selain sebagai bumbu juga dipakai untuk infus pasien. Foto: Net.

Kegunaan Natrium Klorida

Natrium klorida sebagian besar dipergunakan sebagai garam untuk penyedap masakan. Tak hanya itu, aplikasi yang lebih dominan dari sekitar 250 megaton produksi natrium klorida per tahun (data 2008), termasuk dalam produksi bahan kimia dan sebagai penghilang es.

Berikut ini sejumlah kegunaan Natrium Klorida:

1. Produksi Bahan Kimia

Garam natrium klorida digunakan, secara langsung atau tidak langsung, dalam produksi banyak bahan kimia, yang mengkonsumsi sebagian besar produksi natrium klorida dunia.

2. Industri Klor-alkali

Senyawa ini merupakan bahan pemula bagi proses kloralkali, yang menghasilkan klorin dan natrium hidroksida. Inilah persamaan kimia keduanya:

2 NaCl + 2 H2O → Cl2 + H2 + 2 NaOH

Elektrolisis ini dilakukan baik di dalam sel raksa, sel diafragma, atau sel membran. Masing-masing menggunakan metode yang berbeda untuk memisahkan klorin dari natrium hidroksida.

Beberapa aplikasi klorin termasuk pipa PVC, desinfektan, dan pelarut. Natrium hidroksida memungkinkan industri yang menghasilkan kertas, sabun, dan aluminium.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut