get app
inews
Aa Read Next : Senyawa dengan Ikatan Kovalen Tunggal

Senyawa Natrium Klorida: Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Rabu, 18 Januari 2023 | 20:40 WIB
header img
Senyawa Natrium Klorida atau lebih dikenal dengan garam, selain sebagai bumbu juga dipakai untuk infus pasien. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Senyawa Natrium Klorida, pengertian, rumus dan contohnya, bisa kamu pelajari di dalam artikel kali ini. Natrium klorida begitu familiar di telinga, lantaran kerap dipakai untuk pengawet makanan dan bumbu.

Natrium termasuk ke dalam golongan 1 atau logam alkali pada unsur kimia. Unsur logam alkali bersifat reaktif atau mudah bereaksi dengan unsur lain. Sebagai contoh, logam natrium yang bereaksi dengan klorida membentuk natrium klorida.

Seperti dilansir dari PubChem, natrium klorida adalah senyawa ionik garam anorganik yang terdiri dari ion natrium dan juga ion klorida. Ciri fisik natrium klorida adalah berbentuk kristal berwarna putih dan berasa asin.

Rumus Natrium Klorida

Natrium klorida, memiliki rumus molekul NaCl, mewakili perbandingan 1:1 ion natrium dan klorida. Dengan massa molar masing-masing 22,99 dan 35,45 g/mol, 100 g NaCl mengandung 39,34 g Na dan 60,66 g Cl.

Senyawa ini adalah garam yang paling memengaruhi salinitas laut dan cairan ekstraselular pada banyak organisme multiseluler.

Sejumlah besar natrium klorida digunakan dalam banyak proses industri, dan merupakan sumber utama senyawa natrium dan klorin yang digunakan sebagai bahan baku untuk sintesis kimia lebih lanjut.

Aplikasi utama kedua natrium klorida adalah untuk menghilangkan lapisan jalan pada cuaca sub-beku.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut