get app
inews
Aa Read Next : Senyawa dengan Ikatan Kovalen Tunggal

Senyawa Natrium Klorida: Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Rabu, 18 Januari 2023 | 20:40 WIB
header img
Senyawa Natrium Klorida atau lebih dikenal dengan garam, selain sebagai bumbu juga dipakai untuk infus pasien. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Senyawa Natrium Klorida, pengertian, rumus dan contohnya, bisa kamu pelajari di dalam artikel kali ini. Natrium klorida begitu familiar di telinga, lantaran kerap dipakai untuk pengawet makanan dan bumbu.

Natrium termasuk ke dalam golongan 1 atau logam alkali pada unsur kimia. Unsur logam alkali bersifat reaktif atau mudah bereaksi dengan unsur lain. Sebagai contoh, logam natrium yang bereaksi dengan klorida membentuk natrium klorida.

Seperti dilansir dari PubChem, natrium klorida adalah senyawa ionik garam anorganik yang terdiri dari ion natrium dan juga ion klorida. Ciri fisik natrium klorida adalah berbentuk kristal berwarna putih dan berasa asin.

Rumus Natrium Klorida

Natrium klorida, memiliki rumus molekul NaCl, mewakili perbandingan 1:1 ion natrium dan klorida. Dengan massa molar masing-masing 22,99 dan 35,45 g/mol, 100 g NaCl mengandung 39,34 g Na dan 60,66 g Cl.

Senyawa ini adalah garam yang paling memengaruhi salinitas laut dan cairan ekstraselular pada banyak organisme multiseluler.

Sejumlah besar natrium klorida digunakan dalam banyak proses industri, dan merupakan sumber utama senyawa natrium dan klorin yang digunakan sebagai bahan baku untuk sintesis kimia lebih lanjut.

Aplikasi utama kedua natrium klorida adalah untuk menghilangkan lapisan jalan pada cuaca sub-beku.

Kegunaan Natrium Klorida

Natrium klorida sebagian besar dipergunakan sebagai garam untuk penyedap masakan. Tak hanya itu, aplikasi yang lebih dominan dari sekitar 250 megaton produksi natrium klorida per tahun (data 2008), termasuk dalam produksi bahan kimia dan sebagai penghilang es.

Berikut ini sejumlah kegunaan Natrium Klorida:

1. Produksi Bahan Kimia

Garam natrium klorida digunakan, secara langsung atau tidak langsung, dalam produksi banyak bahan kimia, yang mengkonsumsi sebagian besar produksi natrium klorida dunia.

2. Industri Klor-alkali

Senyawa ini merupakan bahan pemula bagi proses kloralkali, yang menghasilkan klorin dan natrium hidroksida. Inilah persamaan kimia keduanya:

2 NaCl + 2 H2O → Cl2 + H2 + 2 NaOH

Elektrolisis ini dilakukan baik di dalam sel raksa, sel diafragma, atau sel membran. Masing-masing menggunakan metode yang berbeda untuk memisahkan klorin dari natrium hidroksida.

Beberapa aplikasi klorin termasuk pipa PVC, desinfektan, dan pelarut. Natrium hidroksida memungkinkan industri yang menghasilkan kertas, sabun, dan aluminium.

3. Industri Soda Abu

Natrium klorida digunakan dalam proses Solvay guna menghasilkan natrium karbonat dan kalsium klorida. Natrium karbonat digunakan untuk memproduksi kaca, natrium bikarbonat, pewarna, serta beberapa bahan kimia lainnya.

Dalam proses Mannheim dan proses Hargreaves, natrium klorida kerap digunakan untuk produksi natrium sulfat dan asam klorida.

 

4. Homeopati

Ketika digunakan dan dijual sebagai obat homeopati, obat ini diberi label Natrum Muriaticum (Nat-mur). Obat ini diresepkan untuk luka dingin, menstruasi yang berat, gangguan pencernaan yang menyakitkan, tetesan hidung karena alergi, dan migrain.

Obat ini juga telah diresepkan untuk gejala emosional yang berasal dari kesedihan kronis dan kelelahan. Nat-mur. berkontraindikasi pada kondisi hipertensi, penyakit ginjal, dan epilepsi.

5. Cairan Infus

Selain kegunaan diatas, natrium klorida juga dipakai sebagai cairan infus pasien. Garam yang larut dalam air bersifat isotonik 0,9 persen dengan tekanan osmotik yang sama dengan cairan tubuh.

Demikian penjelasan tentang natrium klorida, semoga dapat menjadi salah satu referensi kamu ketika belajar kimia ya!

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut