get app
inews
Aa Read Next : Mantan Gubernur Babel Erzaldi Dicecar 3 Pertanyaan Saat Diperiksa Penyidik Kejati Babel

Erzaldi : Indonesia Bangsa Maritim, Punya Segalanya untuk Jadi Raja di Laut

Minggu, 08 Januari 2023 | 13:57 WIB
header img
Erzaldi Rosman meninjau salah satu usaha budidaya ikan terapung di Bangka. Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, lintasbabel.iNews.id - Mantan Gubernur Babel periode 2017-2022 Erzaldi Rosman menilai, dengan segala potensi yang dimiliki, Indonesia seharusnya bisa menjadi raja lautan. Sebagai bangsa maritim sudah saatnya negeri ini fokus pada potensi bahari untuk dijadikan pondasi perekonomian negara.

Menurut Erzaldi, ada tiga faktor yang harus dilakukan pemerintah untuk dapat benar-benar menjadikan sektor kelautan sebagai basis fundamental ekonomi nasiomal. Ketiga faktor tersebut adalah mengokohkan potensi, memgembangkan infrastruktur, dan membangun konektifitas maritim.

"Sebagai bangsa maritim, Indonesia seharusnya menjadi raja di laut, dan kelautan menjadi basis pertumbuhan ekonomi Indonesia yang merata ke seluruh pelosok nusantara," kata Erzaldi, Sabtu (7/1/2023).

Lebih jauh dijelaskannya, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau mencapai 17.508 pulau, dimana luas daratannya berkisar 1,91 juta kilometer persegi atau sekita 33% dari luas wilayah. Sedangkan luas lautan Indonesia mencapai 6,32 juta kilometer persegi.

Dengan luas perairan yang mencapai 67 persen dan berada di titik yang strategis karena berbatasan di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia memiliki ribuan potensi terhampar dari permukaan laut hingga dasar permukaan buminya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut