get app
inews
Aa Read Next : Fakta Sidang Kasus Dugaan Tipikor BPRS Babel, Saksi Ahli BPKP RI: Tidak Ada Aliran Dana ke Heli Yuda

Serap Banyak Tenaga Kerja, Pembangunan Pabrik Tapioka di Belitung Terus Dapatkan Dukungan

Kamis, 08 Juli 2021 | 14:44 WIB
header img
Pabrik Tepung Tapioka PT Sinar Mas di Belitung.

Dan tentunya dengan bersinergi untuk berdayakan masyarakat agar menjadi mandiri, seperti dengan keterlibatan PT PUSRI, Bank Sumselbabel, dan Pemerintah Daerah.

Pabrik PT Sinar Mas ini dibangun berdampingan dengan rumah penduduk. Berbeda dengan pabrik tapioka yang ada di Pulau Bangka, pabrik ini menggunakan teknologi dari China, yang tidak akan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Sebaliknya, gas ini akan langsung diolah agar dapat menjadi biogas. 

Pembangunan di dekat penduduk ini menjadikan akses ke pabrik menjadi lebih mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar, sehingga dapat meminimalisir biaya akomodasi. Semakin banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan pabrik ini maka bisa saja menjadi semakin banyak masyarakat sekitar yang tertarik untuk mengembangkan ubi. Mengingat mudahnya mengurus tanaman satu ini. 

Iman selaku pemilik pabrik menyampaikan, tingginya permintaan pasar dunia akan tepung tapioka menginisiasinya untuk mengembangkan pabrik tepung tapioka. Kualitas ubi yang ada di Belitung ternyata tidak kalah baik dibandingkan kualitas ubi dari daerah lain. 

“Saat ini pabrik masih proses pembangunan, untuk memenuhi pasar dunia, kami berusaha memproduksi 125 ton tepung perhari. Artinya dibutuhkan 500 ton diatas tanah seluas 3.500 hektar. Sekarang terbalik, bukan petani yang nunggu petani tapi malah pabrik yang menunggu petani,” ungkap Iman.

Iman meyakini bahwa produksi yang masif ini dapat memberi pengaruh besar bagi masyarakat sekitar, terutama bagi pertumbuhan ekonomi.  

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut