get app
inews
Aa Read Next : Penambang Timah di Bangka Barat Diserang Buaya 4 Meter

Pamsimas Diharapkan Atasi Masalah Kekurangan Air Bersih di Bangka Barat

Senin, 13 Desember 2021 | 17:01 WIB
header img
Tangki air program pamsimas yang dibangun di Desa Rambat, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat. (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat meresmikan fasilitas umum Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Rambat, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Senin (13/12/2021). Pamsimas diharapakan mampu atasi kekurangan air bersih daerah tersebut.

Sumber dana program pamsimas, berasal dari serapan APBN dan APBDes. Sementara untuk pengerjaannya dimulai dari sumur gali pemula, menara air, rumah pompa, cuci tangan pakai sabun (CTPS) umum, hingga pasokan listrik PLN. 

"Harapan kami dengan ada air fasilitas air bersih ini masyarakat kita benar-benar sejahtera, karena air dan penerangan ini adalah salah satu tanda kesejahteraan. Alhamdulillah kami berharap Desa Rambat dan desa lainnya, bisa menjaga fasilitas yang ada karena ini penting sekali," ujar Bupati Bangka Barat, Sukirman. 

Sementara Kades Rambat Ali Imron menyampaikan, dengan adanya Pamsimas akan meningkatkan kapasitas prasarana air bersih untuk warga desanya. 

"Memang kadar asam airnya sangat tinggi, jadi ada pengelolaan lagi. Ini pertama, untuk sementara ini kurang lebih akan disalurkan ke 100 rumah dari program Pamsimas," kata Ali Imron.

Selain Desa Rambat, beberapa desa di Bangka Barat sudah direalisasikan program pamsimas. Untuk pengelolaan fasilitas pamsimas, akan dikelola secara langsung oleh masyarakat dan pemerintah desa.

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut