get app
inews
Aa Read Next : Bank Dunia Tolak Proposal Pengajuan Dana Pandemi Tahap I Indonesia

Negara dengan Utang Terbanyak Tahun 2022, Indonesia Urutan ke Berapa?

Sabtu, 10 Desember 2022 | 20:49 WIB
header img
Negara dengan Utang terbanyak tahun 2022, Indonesia urutan berapa. Foto: Ilustrasi utang/ Istimewa

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Negara dengan utang terbanyak tahun 2022 akan kita ulas dalam artikel berikut ini. Akibat berjibunnya utang yang dimiliki, beberapa negara sempat dinyatakan colaps bahkan bangkrut lantaran tidak sanggup lagi mencicil utang dan bunganya.

World Population Review merilis daftar negara dengan utang terbanyak pada tahun 2022. Peningkatan utang luar negeri terjadi karena perubahan nilai tukar mata uang negara terhadap dollar AS dari tahun ke tahun.

Lantas, negara mana saja yang memiliki utang terbanyak? Simak ulasan singkatnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. 

World Population Review

World Population Review merupakan organisasi independen yang menyajikan data demografis dengan tujuan membuat data-data tersebut lebih mudah diakses. Mereka mencatat ada 10 negara dengan utang terbanyak dan di antaranya merupakan terdapat negara maju. 

Berdasarkan data dari World Population Review, Jepang merupakan negara dengan utang terbanyak di dunia.

Negara dengan Utang Terbanyak

Berdasarkan data dari World Population Review, berikut merupakan daftar negara dengan utang terbanyak di dunia 2022 berdasarkan rasio utang terhadap PDB:

1. Jepang

Jepang yang memiliki sebesar 127.185.332 populasi penduduk ini tercatat menduduki peringkat pertama dalam daftar negara dengan utang terbanyak. Negara tersebut memiliki utang nasional hingga mencapai 234,18 persen dari produk domestik bruto (PDB). 

Total utang nasional Jepang ditaksir mencapai 1.028 triliun yen atau setara USD9.087 triliun. Tingginya utang Jepang salah satunya disebabkan oleh pasar saham Jepang yang mengalami penurunan tajam dan keputusan pemerintah Jepang untuk menyelamatkan bank dan perusahaan asuransi dengan memberi mereka kredit berbunga rendah.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut