get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan HBP, Rutan Mentok Gelar Porsenap

Perbedaan Penjara Militer dengan Penjara Sipil, Narapidana Dilarang Beri Hormat

Rabu, 07 Desember 2022 | 22:26 WIB
header img
Penjara diartikan sebagai tempat atau bangunan untuk mengurung orang hukuman. Dalam penyebutannya, penjara juga biasa disebut sebagai bui atau lembaga pemasyarakatan. Foto: Ilustrasi/ Net

JAKARTA,Lintasbabel.iNews.id - Penjara menjadi tempat yang sangat menakutkan bagi sebagian besar orang. Pasalnya tidak ada satupun orang di dunia yang mempunyai cita-cita masuk penjara. Artinya, jika sudah masuk penjara orang tersebut akan dicap sebagai seorang kriminil, bandit, dan istilah lainnya.

Meskipun kenyataannya, penjara saat ini kondisinya sudah jauh berbeda, yang lebih humanis dengan beberapa program yang mendidik dan menyadarkan para penghuninya atau warga binaannya.

Namun, dibalik kesan seram Penjara, ternyata ada juga lho penjara militer. Nah, kali ini perbedaan antara perbedaan militer dengan penjara sipil akan kita ulas pada tulisan berikut ini.

Menurut KBBI, penjara diartikan sebagai tempat atau bangunan untuk mengurung orang hukuman. Dalam penyebutannya, penjara juga biasa disebut sebagai bui atau lembaga pemasyarakatan.

Menurut jenisnya, ternyata penjara memiliki beberapa kategori juga. Di antaranya yang paling umum adalah penjara sipil dan penjara militer. Adapun kedua jenis tersebut memiliki sejumlah perbedaan didalamnya.

Dikutip dari laman My Law Questions, penjara militer dibangun dan dikelola oleh pihak militer. Adapun tujuannya untuk menahan anggota militer yang terbukti melakukan tindak kejahatan yang bertentangan dengan aturan, tawanan militer, hingga individu yang bisa mengancam keamanan nasional.

Lantas, apa sih perbedaan penjara militer dengan penjara sipil, Penasaran? Berikut ini ulasannya seperti dilansir dari laman The Soldiers Project.

Perbedaan Penjara Militer dengan Penjara Sipil

1. Penjaga

Tak seperti rutan biasa, penjaga yang ditugaskan di penjara militer biasanya berasal dari unit pasukan keamanan setempat atau bisa juga dari polisi militer. Dalam menjalankan tugasnya, mereka berperan untuk mengontrol dan merawat para tahanan militer.

Pada keberadaannya, para petugas juga bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan penjara yang aman dan bebas dari masalah atau konflik.

Sementara, penjaga di penjara sipil, biasanya mereka terbagi menjadi dua tipe. Pertama, mereka yang hanya ingin melaksanakan tugasnya saja dengan santai dan aman.

Sedangkan, tipe kedua biasanya acapkali bersifat korektif. Maksudnya, sesekali mereka akan menunjukan otoritasnya dengan para narapidana. Adapun tujuannya sendiri agar para tahanan bisa tetap menunjukan sikap baiknya selama berada di dalamnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut