get app
inews
Aa Read Next : Rekrut 30 PPK, KPU Bangka Barat Pastikan Tidak Ada Titipan

137 Calon PPK Beltim Ikut Seleksi Tes Tertulis

Selasa, 06 Desember 2022 | 19:18 WIB
header img
Sebanyak 137 orang calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengikuti Seleksi Tes Tertulis. Foto: Dok/ Diskominfo Beltim.

BELITUNG TIMUR, Lintasbabel.iNews.id - Sebanyak 137 orang calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengikuti Seleksi Tes Tertulis di Gedung CAT Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (6/12/2022).

Calon PPK yang berhak ikut dalam seleksi kali ini adalah yang sudah dinyatakan lolos tahapan penelitian administrasi. Dari jumlah yang lulus administrasi, Kecamatan Manggar adalah paling banyak calon pendaftar dengan total 43 orang.

Ketua KPU Beltim, Rizal melalui Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Asrikhah menyatakan, Seleksi Tes Tertulis dibagi menjadi 5 sesi dari 7 kecamatan. Masing-masing sesi membutuhkan kurang lebih 90 menit.

"Jumlah soal tesnya ada 75 soal. Dengan materi tes meliputi 20 soal Pengetahuan Kebangsaan, 20 soal kompetensi dasar, dan 35 soal pengetahuan kepemiluan,” kata Asrikah.

Berbeda dengan tes sebelumnya, Asrikhah menyatakan untuk seleksi tes tertulis ini teknisnya berbeda. Tes ini menggunakan metode berbasis teknologi informasi/komputer.

“Link aplikasi langsung dikirim dari KPU RI melalui KPU Provinsi. Jadi semua soal, kurang lebih disiapkan 1.000 soal sama dengan daerah lain di Indonesia, hanya diacak, persis kayak Tes CPNS,’” ujarnya.

Setelah tahapan ini, nanti akan ditetapkan paling banyak tiga kali kebutuhan yang akan lanjut pada tahapan wawancara. 15 peserta dengan nilai teratas akan berhak ke tahap wawancara.

“Kalau rekruitmen yang dulu memang dua kali jumlah kebutuhan. Sekarang ini ada perubahan jumlah kebutuhan, sudah diatur di Keputusan KPU RI Nomor 476 tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan adhoc Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan,” ujar Asrikah.

Sementara, pengumuman 15 besar calon PPK yang Lolos Seleksi Tes Tertulis akan dilaksanakan pada 7 Desember 2022. Sebelumnya Komisioner KPU Beltim akan melaksanakan rapat plano terkait 15 besar Calon PPK.

“Kita sesuai tahapan dan jadwal. 7 Desember nanti kita umumkan siapa saja yang lulus ke tahapan wawancara. Tahapan wawancara kita mulai pada 11 sampai dengan 13 Desember 2022,” kata Asrikhah.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut