get app
inews
Aa Read Next : BPOM Pangkalpinang Bentuk Kader Wujudkan Pangan Aman di Bangka Barat

Bareskrim Periksa Sampel Obat Sirop dan Produsen Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 19:34 WIB
header img
Tim gabungan Bareskrim Polri terus melalukan investigasi dugaan pidana pada kasus gagal ginjal akut yang menimpa anak-anak. Foto: Istimewa.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Tim gabungan Bareskrim Polri terus melalukan investigasi dugaan pidana pada kasus gagal ginjal akut yang menimpa anak-anak. Selain akan menguji sampel terhadap seluruh obat sirop, polri juga akan melakukan pemeriksaan terhadap dua perusahaan farmasi. 

Dir Tipiter Bareskrim Polri Brigjen Pipit Rismanto menjelaskan pihaknya mengumpulkan semua sampel obat sirop yang dikonsumsi pasien maupun yang sudah ditarik oleh pihak BPOM

"Sekarang belum ada yang memastikan bahwa penyebab gagal ginjal itu apakah obat tersebut atau apa. Makanya kita semua harus sampel semua produk obat yang dikonsumsi," kata Pipit di Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Menurutnya, pihak Bareskrim juga sedang menelusuri bahan baku yang digunakan apakah mengandung zat berbahaya melebihi batas. 

"Nanti biar sejalan semuanya. Apakah dari produksinya apakah bahan bakunya atau melebihi ambang batas, itu semua harus pakai scientific tak bisa juga mempercepat kesimpulan," ujar Pipit.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut