get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

BPOM Pangkalpinang Bentuk Kader Wujudkan Pangan Aman di Bangka Barat

Selasa, 14 Maret 2023 | 18:03 WIB
header img
Plt Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan Pangkalpinang, Andhika Achmad. Foto: Lintasbabel.iNews.id / Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang akan membentuk kader, untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mewujudkan keamanan pangan. Kader tersebut dibentuk di berbagai lini seperti di Desa, Sekolah, dan Pasar. 

BPOM Pangkalpinang dalam waktu dekat akan membentuk kader di 6 desa diantaranya Desa Air Limau, Air Nyatoh, Desa Peradong, Desa Air Lintang, Desa Tanjung Niur dan Kelurahan Sungai Daeng. 

"Tujuannya nanti supaya di desa secara mandiri dapat melakukan pengawasan keamanan makanan. Nanti kami latih para kader melakukan tes terhadap pangan bahan berbahaya seperti formalin, boraks, rhodamin B, dan pewarna tekstil metanil yellow," ujar Plt. Kepala BPOM Pangkalpinang, Andhika Achmad, Selasa (14/3/2023). 

Selain pengawasan bahan makanan, BPOM Pangkalpinang juga akan melakukan pendampingan di desa terkait dengan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). 

"Pendampingan pelaku usaha yang ada di desa-desa, supaya nanti dapat izin edar baik PIRT dari pemerintah daerah dan BPOM," tuturnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut