get app
inews
Aa Read Next : Rusia Bergejolak, Pasukan Bayaran Wagner Berontak Rebut Rostov dan Voronezh

4 Wilayah Ukraina yang Dicaplok Rusia Diamankan Senjata Nuklir

Rabu, 19 Oktober 2022 | 20:50 WIB
header img
Rusia berencana mengamankan 4 wilayah yang dicaplok dari Ukraina dengan senjata nuklir. Foto: AP

LONDON, Lintasbabel.iNews.id - Empat wilayah Ukraina, yakni Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia dicaplok Rusia usai menggelar referendum yang dinilai negara Barat palsu. Ternyata, demi melindungi wilayah-wilayah yang dicaplok, Rusia akan menggunakan senjata nuklir.

"Semua wilayah ini adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Federasi Rusia dan semuanya dilindungi. Keamanan mereka berada pada tingkat yang sama dengan wilayah Rusia lainnya," kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov, dikutip dari Reuters, Selasa (18/10/2022).

Pernyataan Peskov ini sejalan dengan apa yang disampaikan Presiden Vladimir Putin bulan lalu. Disebutkan Rusia akan mempertahankan integritas teritorial menggunakan senjata nuklir.

Doktrin penggunaan nuklir Rusia juga menegaskan senjata pemusnah massal itu bisa digunakan jika kedaulatan wilayahnya diganggu.

Putin juga menegaskan semua wilayah Ukraina yang bergabung akan menjadi bagian dari Rusia selamanya. Meski demikian Rusia belum sepenuhnya memegang kendali atas empat wilayah tersebut. Masih ada sebagian daerah yang dikuasai militer Ukraina, termasuk di Luhansk. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut